Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Minggu, 07 Februari 2016

Video Kilas Kegiatan Kwarcab Garut


Pertemuan pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab / Kwartir Cabang Garut rerkait Rakercab / Rapat Kerja Cabang mengamanatkan kepada bidang Humas, Informasi, Komunikasi, dan Perpustakaan untuk membuat video tentang Kwarcab Garut yang akan disajikan dalam Rakercab tersebut. Kebetulan di bidang ini yang menangani teknologi informasi adalah saya. Untuk membuat video ini diperlukan skenario atau minimalnya dokumentasi kegiatan yang meliputi satu foto per kegiatan yang disusun berdasarkan waktunya. Dokumen foto ini rupanya tersebar di beberapa komputer dan belum diunggah di Google Drive Kwarcab Garut, hal ini menjadi hambatan dalam penggarapan video tersebut. 

Setelah lama menanti, akhirnya ada kabar dua hari sebelum kegiatan bahwa dokumen foto tersebut sudah siap dan akan disampaikan. Sayangnya saat itu masih di luar kota melaksanakan tugas dari Sekolah Tinggi Teknologi Garut dan baru sampai keesokan harinya. Satu hari menjelang pelaksanaan pada pagi hari ternyata belum bisa sampai Garut, sehingga akhirnya dokumen foto tersebut dititipkan oleh Kwarcab Garut di kantor Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Dokumen foto tersebut baru diambil sore harinya begitu sampai di Garut. 

Dokumen foto tersebut berisi empat CD-ROM yang di dalamnya foto kegiatan sudah dimasukan dalam folder dan disusun sesuai dengan waktu kegiatan. Hanya saja harus dicari foto yang mewakili setiap kegiatannya. Setelah membuat slide presentasi "Pramuka sebagai Relawan Telematika" untuk Rakercab, dimulailah pemrosesan video. Pencarian fotonya berlangsung dari jam 20.00 sampai dengan 00.00. Karena waktu yang tersedia terbatas, diputuskan video dibuat sederhana saja menggunakan Microsoft Movie Maker. Kegiatan pembuatan video ini selesai sekitar pukul 02.00 dini hari. Video ini sekalian menjadi sampel produk konten layanan informasi KPMI / Kelompok Penggerak Masyarakat Informasi dalam presentasi tersebut keesokan harinya. 

Membuat video dengan aplikasi Microsoft tersebut merupakan keahlian dasar teknologi informasi yang dapat dilakukan oleh Relawan Telematika binaan Saka Telematika Kwarcab Garut yang direncanakan akan dilatih dan dihimpunkan dalam KPMI (Kelompok Penggerak Masyarakat Informasi) di setiap Kwartir Ranting seputar Garut. Pelatihan Relawan Telematika sebagai perintis KPMI ini akan dilakukan dengan mengintegrasikan program Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Diawali dengan permintaan dari Saka Telematika ke Sekolah Tinggi Teknologi Garut untuk  menyelenggarakan pelatihan dengan waktu setara kegiatan satu semester, yang akan menjadi tambahan kum fungsional untuk setiap Dosen yang ditunjuk sebagai Instrukturnya.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya