Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Minggu, 22 Mei 2011

Menangani Masalah Epson Stylus TX111 : General Error, semua lampu indikator blinking


Berikut ini cara yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan kasus General Error pada printer Epson Stylus TX111 yang menggunakan tinta infus, di mana semua lampu indikator (power, paper, dan ink) berkedip dan tombol untuk membuka cartridge tidak berfungsi :
  1. Dalam keadaan mati, tekan tombol power, lalu cabut kabel power begitu posisi cartridge berada di posisi pencopotan cartridge.
  2. Setelah itu cabut cartridge infus nya.
  3. Pasang lagi kabel power pada printer hingga lampu indikator power berwarna hijau, lampu indikator paper padam, dan lampu indikator ink berwarna orange.
  4. Tekan tombol stop sehingga dudukan cartridge berada di posisi pemasangan cartridge.
  5. Pasang cartridge, lalu tekan tombol stop. Tunggulah beberapa saat hingga semua lampu indikator mati kecuali lampu power yang menyala berwarna hijau.
  6. Printer seharusnya sudah bisa digunakan lagi.

52 komentar :

  1. sy punya epson tx111 smua lampu 3 lampu menyala n bunyi trek....trek....trek.... tlg bantuanya
    kirim ke email sy
    shagitaarmand@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan kabel scanernya rusak. saya sering nemuin mslah nie. berlaku buat smua prnter scaner

      Hapus
    2. kalo kable scanner rusak gimana tuh??

      Hapus
    3. sama, punyaku juga...pada saat nyalain printer, bunyi trek trek trek pada scannernya...dan printer otomatis gbs digunakan sama skali

      Hapus
    4. Saya jg gan,gmna cara memperbaikinya?

      Hapus
    5. Musti ganti unit scannernya tu...

      Hapus
    6. Terima Kasih.. cara anda berhasil!!

      Hapus
  2. Kalau pake tinta infus, bunyi seperti itu yang pernah saya temukan adalah disebabkan karena selang infusnya menghalangi gerakan cartridge, sehingga cartridge tidak berhasil digerakan oleh tali penariknya. Lama kelamaan akan merusak mekanik printernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas,, printer saya tx111,, itu kadang kok mati sendiri,, klo dinyalakan lagi bisa tp nanti mati lagi. berulang kali kayak gitu. gimana ya solusinya mas???

      Hapus
  3. saya punya TX111, kemaren saya gunakan untuk ngeprint dalam draft mode. hari ini waktu ngeprint biasa keluarnya tulisannya dobel (berbayang) dan bunyi printernya kasar sekali. kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo tlisan doble. kmngkinan pita encodernya(belakang head) kotor, tnggal dbershkan pke tisu.

      Hapus
  4. Coba dijalankan aplikasi pemeliharaannya. Menurut saya, bunyi yang kasar kemungkinan disebabkan karena adanya masalah mekanik pada penggerak cartridge, dan bisa jadi masalah inilah yang membuat kedudukan cartridge tidak tetap sehingga menimbulkan tulisan dicetak dobel. Masalah ini sering terjadi pada printer TX111 yang menggunakan tinta infus, penyebabnya selan infus yang menahan laju cartridge.

    BalasHapus
  5. jika hsl photo copy bergaris hrzntl bersihkan film sensor tape pada roda ger dan catrd

    BalasHapus
  6. saya punya epson T11, klo dipakai ngeprint tiba2 berhenti dan suaranya berisik, lau muncul general error. Setelah dimatikan trus dinyalakan lagi printer normal. Dan hal itu terjadi klo printer dipakai ngeprint lebih dari 1 lembar, gmn pnyelesaiannya mhn petunjuk?

    BalasHapus
  7. assalamualaikum gan,,,, saya punya epson tx111,,, kalo buat ngprint warna merah ko g bisa cerah kayak di gamabr za,,, print outnya jadi merah hati,, padahal d gambar warnanya merah terang,,,, tq gan ,,,, krm d emailq za gan,,, engineer.moeda@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya begitu printer dinyalakan si Catridge bergerak ke kiri. Saat itulah solusi di atas bisa dilakukan.

      Hapus
    2. Warna tidak normal disebabkan karena dua hal, kontaminasi tinta dan pilihan jenis gambar antara RGB dan CMYX.

      Hapus
  8. ikutan bro... saya pemake printer Epson txiii. ketiga lampu menyala dan keluar general error. ana dah ikutin cara diatas tapi tetap aza nyala dan catrigde ga mau bergerak sama sekali...gimana caranya bro...please

    BalasHapus
  9. general eror tnyta juga pengaruh kbel scanernya juga.... tpi pas blink pada ink, q cba masuk ke driver printernya, klik kanan klik properties klik printing preference klik maintenance klik ink catrid replacement. tunggu sampai pada posisi catrid bisa dilepas / diambil. lalu ambil catrid yang ditunjuk bermasalah atau ambil semuanya tunggu beberapa saat lalu pasang kembali dan teruskan perintah yang disediakan pada ink catrid replacement tadi... kog tidak bsa ya....ada masukan????

    BalasHapus
  10. om saya puya printer epson baru tx111 lampu indikator tinta watrna orang alis ngebling....dan catrid tidak dibaca oleh printer tolong bagi infonya...ty

    BalasHapus
  11. cara nyabut cartridge gmn bro?
    stuck di step ke 2 nih..
    need help

    BalasHapus
  12. Gan lampu Ink nyala terus, setelah saya salah Klik (Head Cleaning) minta Pencerahan gan Thks be 4 !

    BalasHapus
  13. kalau hasil cetak yg warna kuningnya jadi merah gmn mas?

    BalasHapus
  14. wah, thaks banyak ya udah ngeshare ini, sangat membantu, alhamdulillah berhasil :D

    BalasHapus
  15. om tx111 lampun nyala semua,catrid juga gak jalan sedikit pun,gimana caranya om biar sehat lagi,tolong ya om??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba reset dulu,mungkin hanya ngeblink..
      resetternya bisa di download dr mbah google...

      Hapus
  16. Bantu dong !! printer aku erorr. lampu yang warna merah hidup terus.....

    BalasHapus
  17. klo masih tetep general erorr gmn cra mengatasix??

    BalasHapus
  18. Tidak smua general error dapat diselesaikan dgn cara tersebut, krn kerusakan itu bisa disebabkan dr
    1. sensor roll yg brada disebelah kiri printer.
    2. scanner error
    3. Back chipset yg brada di carriage
    4. kabel data
    5. Selang modif yg kurang panjang,tersangkut,atau pecah
    6. Dynamo printer mati
    7. roll yg error
    8. ataupun sobekan kertas yg tersangkut pada
    roll,timingbelt atau carriage

    itu semua berdasarkan apa yg telah saya alami... trima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas tambahan pengetahuannya

      Hapus
  19. gan tolong bantuannya dong,..
    kirim jwaban ke den.triway@gmail.com
    printer saya klau di nyalakan 3lampu kedip-kedip smwa,.trus sya lakukan perintah yg di atas ga ada reaksi sma sekali,smwa catridnya diam aja,..udah cba reset pke software jg sama aja,.smpe infus sya cbut smwa jg sama aja,smpe sya frustasi,.help gan,..plisss bales yyy comment syaaa,...

    BalasHapus
  20. Printe ane epson T111, tidak tombol powernya ga pungis, kalw ane print out 3 lampu berkedip, minta pencerahannya gan...
    Trimas

    BalasHapus
  21. semua jawaban benar semua,, tp biasanya klu lampu kertas dan lampu tinta kedip2, mslah ada discaner, klu lampu tinta laju head tersendat2 oleh selang, ato dicabut/pasang cartrige selesai.. Sepengetahuanku begitu..

    BalasHapus
  22. gan printer ane tx111 dipake ngeprint image berwarna keluarnya hitam putih biasanya normal ... mohon solusinya trims

    BalasHapus
  23. semua sudah saya lakukan gan, nyatanya blm juga normal, mungkin gan ada cara lain...

    BalasHapus
  24. No. 1
    Dalam keadaan mati, tekan tombol power, lalu cabut kabel power begitu posisi cartridge berada di posisi pencopotan cartridge.

    Gimana cartridge biar bisa diposisi pencopotan kalo kondisi printernya kayak gini

    BalasHapus
  25. epson tx 111 saya rarna merah gak keluar, padahal sudah di bersihkan dengan di suntik. kira2 apanya ya

    BalasHapus
  26. gan mohon solusi nih TX 111 ane , kata tkg servicenya kabel scanner nya kena harus ganti tapi gk ada gantinya harus kanibal dr printer sama yg lain .apa bener tuh . mohon pencerahan .

    gianto96@gmail.com

    BalasHapus
  27. brow saya punya printer epson tx111 waktu saya hidupin mau tpi jika sudah hidup tombolonya tidak mau berfungsi gmna yaa???? mohon bantuan gan email ke tanikyoga@yahoo.co.id

    BalasHapus
  28. MIM PRINTER EPSON TX11 SAYA GAK BISA BUAT NGEPRINT,LOW BUAT SCAN MA COPY BISA TAPI LOW BUAT NGEPRINT GAK BISA GIMANA YA MIM CRNE ?
    EMAIL KE dhe_iz@ymail.com

    BalasHapus
  29. mohon bantuan, ketika printer dihidupkan, cartridge bergerak ke k kiri dan tidak bisa kembali ke posisinya. bagaimana mengatasinya?

    BalasHapus
  30. gan lampu merah nyala kedap kedip hmana solusinya ?

    BalasHapus
  31. maaf gan.... saya punya printer tx111, begitu dinyalakan scannernya ga muter ke arah yang seharusnya (berlawanan)... kira2 solusinya gmn gan

    BalasHapus
  32. printer saya gak bisa buat ngeprint
    tulisannya gini : The printer's ink pads are at the end of their service life. Please contact Epson support.
    gimana caranya biar bisa buat ngeprint lagi? mkch sblmnya

    BalasHapus
  33. Harus di reset pakai Software Resetter printer sesuai dengan type printer - Bagus

    BalasHapus
  34. printer aku catride ngga mau geser pas dinyalain , trus aku reset ulang pake software , tapi lampu tinta sama paper tetep merah , trus pembuangan tinta bocor ,
    mohon infonya buat mengatssi cranya gimana terim kasih,

    BalasHapus
  35. Gan saya Printer Epson tx111 nya Selalu bergetar saat dinyalakan.saat catride ke kiri dan selalu bergeta,pas kiri Kenan lancar tuh GK ada getaran tapi tombol jadi merah semua padahal 2 jam yg lalu masih sehat

    BalasHapus
  36. Makasih untuk infonya, sangat bermanfaat. Kunjungi juga blog saya! Wanpedia

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya