Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Minggu, 29 Mei 2016

Peluncuran Garut Smartfren Community


Garut, 29 Mei 2016 di Aula Sekolah Tinggi Teknologi Garut diselenggarakan acara peluncuran Garut #SmartfrenCommunity #Generasi4G. Kegiatan Smartfren yang dikelola oleh Ipan Setiawan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut, Komunitas / Relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Garut, Komunitas TIK SMK Negeri 10 Garut, Komunitas TIK SMK Ciledug, serta pelajar dan mahasiswa se Garut. 

Pada tanggal 12 Mei 2016, melalu Whatsapp Ipan menghubungi saya, menanyakan mekanisme penyelenggaraan kegiatan kopi darat Blogger di Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Saya memberi petunjuk bahwa mekanismenya sama seperti yang biasa ditempuh ASGAR Muda saat menyelenggarakan kegiatan di Sekolah Tinggi Teknologi Garut, tinggal memasukan proposal ke Wakil Ketua bidang Kerjasama. Bahkan saya memberikan gambaran kemungkinan Sekolah Tinggi Teknologi Garut memberi pinjam ruang Multimedia secara gratis asal ada bantuan promosi kampus di internet yang melibatkan peserta. 

Ipan Setiawan adalah ketua Penghimpunan Kelompok Pengguna TIK dalam kepengurusan Komunitas / Relawan TIK Garut. Tugasnya di kepengurusan memang memberdayakan komunitas dan para pengguna TIK seperti Blogger. Posisi jabatannya ini tepat mengingat Ipan adalah Blogtivist tergiat di Garut dengan segudang prestasi. Tidak salah jika Smartfren memilih alumni Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut ini sebagai pemimpin Komunitasnya di Garut. 

Sambil menunggu Ipan menyelesaikan proposalnya, saya melakukan komunikasi dengan ketua dan wakil ketua III Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Alhamdulillah tanggapannya positif. Hal ini tidak mengherankan mengingat Sekolah Tinggi Teknologi Garut dari dulu dikenal sebagai lembaga pendidikan tinggi di Garut yang melaksanakan kegiatan, mendorong pembentukan, dan sinergi dalam setiap program Relawan TIK. Dikukuhkannya Relawan TIK Garut oleh Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Pejabat Kementrian Komunikasi dan Informatika, Google Educator Group Garut, dan Komunitas TIK terbaik se Jawa Barat tidak lepas dari kiprah dan bantuan Sekolah Tinggi Teknologi Garut baik tenaga pendidik ataupun para pejabatnya. Membantu masyarakat dalam bidang TIK dan para pegiat TIK merupakan salah satu amal pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan secara istiqamah oleh Sekolah Tinggi Teknologi Garut.


Saya berhasil meyakinkan Sekolah Tinggi Teknologi Garut untuk menyediakan hadiah untuk peserta yang paling banyak tweet @stt_garut, karena berdasarkan pengalaman saya, mengenalkan organisasi itu tidak cukup hanya dengan melakukan kunjungan dari satu sekolah ke sekolah lain di dunia nyata tetapi juga harus ditunjang kegiatan pengenalan kampus melalui jejaring sosial di dunia maya. Staf wakil ketua III, Leni Fitriani dipercaya untuk mengawal kepentingan Sekolah Tinggi Teknologi Garut dalam kegiatan tersebut.

Sebagai ketua umum Komuntas TIK Garut saya juga melaporkan rencana kegiatan pertemuan Blogger Garut ke kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut sebagai Dewan Penasihat, sekaligus meminta kesediaan beliau untuk berkenan membuka acara, pada tanggal 13 Mei 2016. Setelah beliau menyatakan kesediaannya, saya menanyakan kepada Ipan Setiawan apakah kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut, pada tanggal 20 Mei 2016. Ipan menjawab akan mengundang beliau.

Pada hari Jum'at tanggal 27 Mei 2016 pukul 09.43, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika menanyakan apakah acara kumpulan Blogger jadi dibuka oleh beliau. Setelah bertanya kepada Ipan kembali, saya menyampaikan jawaban dari Ipan pada pukul 10.53 bahwa kegiatan jadi dibukan oleh beliau dan surat undangan akan dikirim segera. Pukul 14.23 Ipan bergerak ke kantor Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut untuk mengirimkan surat undangan. Ipan ini seperti saya, semua dikerjakan sendiri tatkala tidak ada seorang pun yang memiliki waktu untuk membantu, dan memiliki komitmen untuk menuntaskan kegiatan. Hal ini saya lihat sendiri, saat Ipan turut terlibat dalam pengepakan konsumsi untuk peserta. Relawan sejati yang bersedekah secara total.

Transkrip Percakapan dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
  • [08:09, 5/12/2016] Ipan Setiawan: Assalamualaikum.. Wilujeng enjing akang.. 🙂
  • [08:09, 5/12/2016] Saya: Wa alaikum salam
  • [08:10, 5/12/2016] Ipan Setiawan: Akang punten sateacana ngawagel waktosna 🙂
  • [08:11, 5/12/2016] Saya: Siap
  • [08:12, 5/12/2016] Ipan Setiawan: Kang rinda upami hoyong bade ngayaken kegiatan pelatihan menulis dan kopdar blogger di STTG tiasa, upami mekanismena sareng kampus kumaha kang?
  • [08:14, 5/12/2016] Saya: Siga kegiatan ASGAR MUDA na kang nono, lebetkeun proposalna ka ketua STTG
  • [09:49, 5/12/2016] Saya ke DR Hilmi : Minta peserta utk tweet #sttgarut.ac.id di Twitter dan Facebook.
    [09:50, 5/12/2016]
    Saya ke DR Hilmi : Kalau perlu buat lomba keliling STTG lalu semua peserta buat review kampus. Pengunjung terbanyak kasih hadiah. 
  • [09:50, 5/12/2016] Saya: Saya kira STTG bisa kasih aula gratis kang Ipan.
  • [09:58, 5/12/2016] Ipan Setiawan: Alhamdulillah hatur nuhun kang rinda informasina 🙂
  • [09:58, 5/12/2016] Ipan Setiawan: Abdi kantun ngadamel proposalna hela muhun kang 
  • [10:05, 5/12/2016] DR Hilmi A: Mangga sae
  •  [07:36, 5/13/2016] DR Hilmi A: 👍
  • [14:20, 5/13/2016] Saya: Nembe aya Ipan nu bade nyelenggarakeun kegiatan kumpulan Blogger Garut di STTG bareng Smartfren, nyandak serat sareng proposal :
  • [14:33, 5/13/2016] DR Hilmi A: Ok, untuk prosedurnya mhn proposal fisiknya di sampaikan ke saya untuk didisposisikan ke baa
  • [14:46, 5/13/2016] Saya: Proposalnya ada di saya pak, besok saya sampaikan
  • [14:47, 5/13/2016] DR Hilmi A: Oh iya sip
  • [18:55, 5/13/2016] Saya: Manawi gaduh waktos kanggo ngabuka acara teman2 Blogger 🙏🏻
  • [18:59, 5/13/2016] Kadiskominfo Garut: Insya allah. Sekalian silaturahmi. Malah Abdi hoyong bikin blogger.
  • [19:00, 5/13/2016] Saya: Siap. 
  • [10:34, 5/14/2016] Ipan Setiawan: Akang untuk aulanya Ibu Rina dan Bapak Hilmi sudah mengizinkan untuk penggunaan acaranya? Bismillah, supaya saya langsung cantumkan di posternya 🙂😊
  • [10:34, 5/14/2016] Ipan Setiawan: Akang untuk aulanya, Ibu Rina dan Bapak Hilmi sudah mengizinkan untuk penggunaan acaranya? Bismillah, supaya saya langsung cantumkan di posternya 🙂😊
  • [10:40, 5/14/2016] Saya: Diizinkan, hanya proposalnya belum sampai ke pa Hilmi karena beliau sedang kegiatan di luar Garut
  • [10:41, 5/14/2016] Ipan Setiawan: Alhamdulillah...terima kasih akang... 🙏
  • [10:41, 5/14/2016] Saya ke DR Hilmi : Pak Hilmi, proposal kegiatan Blogger saya sampaikan ke bu Yanti ya, untuk pemesanan aula STTG
  • [10:41, 5/14/2016] DR Hilmi A: Oh iya pak 
  • [15:08, 5/22/2016] Rina Kurniawati: Naon eta teh? 
  • [15:08, 5/22/2016] Saya: Yg proposalnya minggu lalu ke ibu in
  • [15:08, 5/22/2016] Saya: Yg pinjem aula
  • [15:09, 5/22/2016] Rina Kurniawati: Ooo iya iya, sip ari eta nu tengah saha asa kenal
  • [15:09, 5/22/2016] Saya: 😄 Ipan
  • [15:10, 5/22/2016] Saya: Yg blm dibahas itu reward utk top reviewer blogger ttg kampus STTG
  • [15:41, 5/22/2016] Rina Kurniawati: Oo iya tar atuh ya bsknkita ngobrol 
  • [09:09, 5/27/2016] Saya: Teu ngulem Diskominfo Garut?
  •  [09:42, 5/27/2016] Ipan Setiawan: Assalamualaikum akang
  • [09:43, 5/27/2016] Kadiskominfo Garut: Dupi minggu acara genetasi 4 g ktratif di bukana ku abdi ?
  • [09:43, 5/27/2016] Ipan Setiawan: Kantenan Bade Akang, Kedah atuh akang Diskominfo mah anu Utami kang🙂
  • [09:44, 5/27/2016] Ipan Setiawan: Insya Alloh dinten ayena undangan Nana didamel akang, upami masihken Nana Kantor na di palih mana ya kang?
  • [10:17, 5/27/2016] Saya ke Kadiskominfo Garut: Ku abdi ditaroskeun heula  
  • [10:26, 5/27/2016] Ipan Setiawan: Alhamdulillah sumuhun Akang, hatur nuhun akang
  • [10:53, 5/27/2016] Saya ke Kadiskominfo Garut: Kata Ipan, dibuka oleh Diskominfo Garut pak.
  • [10:53, 5/27/2016] Saya ke Kadiskominfo Garut: Suratnya dikirimkan segera
  • [12:36, 5/27/2016] Kadiskominfo Garut: Siap.
  • [10:54, 5/27/2016] Saya: Lokasina di simpang lima. Kedah ayeuna, kumargi enjing pemerintah libur.
  • [12:05, 5/27/2016] Ipan Setiawan: Alhamdulillah sumangga akang Rinda, saparantos jumatan langsung dipaparin undangan nana 🙂
  • [14:23, 5/27/2016] Ipan Setiawan: Akang Upami di simpang lima na kantor Disdik teh dipalih mana?
  • [14:23, 5/27/2016] Ipan Setiawan: Diskominfo maksadna teh 🙂
  • [08:37, 5/29/2016] Rina Kurniawati: Rinda maaf saya ga bisa dateng hari ini ngedadak ada acara ka bdg yang ga bisa di hibdarin, yang ngebuka acara Rinda Aja ya?
  • [10:11, 5/29/2016] Saya: Ok

Dalam kesempatan memberi sambutan, Drs Dikdik Hendrajaja, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut mengingatkan pentingnya Blogger dalam pembangunan informasi positif di kabupaten Garut. Blogger harus memperhatikan kualitas informasi, menghindarkan diri dari amal penyebaran informasi yang tidak dibenarkan agama. Beliau berharap Blogger Garut dapat dihimpun dan luaran Blognya dapat diakses dalam satu portal untuk memudahkan setiap orang membaca tulisan Blogger Garut.


Dalam kesempatan menyampaikan sambutan, saya mengucapkan selamat kepada Ipan dan Smartfren atas terbentuknya Garut Smartfren Community, mengucapkan selamat bergabung dalam perhimpunan Komunitas dan Relawan TIK se Garut yang dibimbing oleh kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Garut. Saya menyatakan harapan kepada komunitas ini untuk dapat menapaki dua kondisi selanjutnya agar Garut Smartfren Community menjadi Komunitas TIK terbaik di Jawa Barat. Kondisi tersebut meliputi : 1) Terkumpul, yakni mendata semua personal yang memiliki kegiatan dan minat yang sama, 2) Terorganisir, yakni penataan komunitas mulai dari pembentukan kepengurusan, pembuatan rencana kerja tahunan, hingga pengurusan badan hukum, dan 3) Terbuka, yakni memastikan tersedianya dokumentasi kegiatan yang bersifat publik untuk konsumsi seluruh stakeholder. Komunitas TIK yang telah memenuhi tiga kondisi tersebut layak mewakili Komunitas TIK di Garut untuk mengikuti Komunitas TIK Award Jawa Barat. Komunitas / Relawan TIK Garut merekomendasikan Jelajah Garut kepada Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut untuk mewakili Garut ikut dalam kegiatan Award tersebut.


Di penghujung sambutan, dalam kapasitas sebagai ketua umum Komunitas TIK Garut, saya mengingatkan kepada ketua Perhimpunan Kelompok Pengguna TIK agar menindaklanjuti pembangunan Portal Garut Citizen Jounalism yang merupakan portal menuju blog-blog urang Garut. Portal yang dibangun oleh Ikbal Muhammad Hikmat, staf Perhimpunan Kelompok Pengembang TIK ini telah diluncurkan oleh Bupati Garut pada tahun 2015. Keberadaan portal ini akan memudahkan Dinas Komunikasi dan Informatika untuk mengetahui informasi yang dibuat oleh Blogger dan mengukur dampaknya bagi pembangunan Garut. Semoga Jang Ipan bisa menghimpun Blogger Garut, personalnya di dalam Komunitas dan membuka akses ke Blog nya melalui Portal tersebut.

Pembicara dari Smartfren menjelaskan bahwa Komunitas Smartfren ini dibentuk untuk memudahkan Smartfren mendapatkan feed back dari pengguna Smartfren. Dalam kesempatan presentasinya, diputarkan video yang menggambarkan perilaku pengguna smartphone masa kini yang dekat dengan yang jauh dan jauh dengan yang dekat. Hal ini harus dijauhi oleh para pengguna Smartfren. Teknologi Advanced LTE 4G yang disediakan Smartfren menyediakan kenyamanan kepada para penggunanya dalam menikmati konten di internet. Namun kenyamanan ini tidak boleh menyebabkan para pengguna mengabaikan kehidupan nyatanya di internet dan membatasi waktu berselancar di internet.   



2 komentar :

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya