Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Minggu, 11 April 2010

Kata siapa Islam adalah agama Ibrahim ?

Rinda Cahyana Says:
March 27, 2010 at 12:53 am

Allah berfirman:

Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya´qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”. (Al Baqarah :132) Dan tidak ada yang benci kepada agama Ibrahim, melainkan orang yang memperbodoh dirinya sendiri, dan sungguh Kami telah memilihnya di dunia dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang saleh.(Al Baqarah :120)

Dan mereka berkata: “Hendaklah kamu menjadi penganut agama Yahudi atau Nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk”. Katakanlah: “Tidak, melainkan (kami mengikuti) agama Ibrahim yang lurus. Dan bukanlah dia (Ibrahim) dari golongan orang musyrik”. (Al Baqarah :135) ataukah kamu (hai orang-orang Yahudi dan Nasrani) mengatakan bahwa Ibrahim, Isma´il, Ishaq, Ya´qub dan anak cucunya, adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani?” Katakanlah: “Apakah kamu lebih mengetahui ataukah Allah, dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang menyembunyikan syahadah dari Allah yang ada padanya?” Dan Allah sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan.(Al Baqarah :140)

Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.(Ali Imran :19)

Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan.(li Imran :83)Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.(Ali Imran :85)

ridwan Says:
April 2, 2010 at 3:27 pm

Ibrahim itu ada kira2 2000 thn sebelum muhamad… gak masuk akal kalo dia menyebutkan islam yg belum ada pada waktu itu…ayat2 yg dipaksakan…!!!

Rinda Cahyana Says:
April 6, 2010 at 4:54 am

Pernyataannya terkait dengan firman Allah, “Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya´qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”. (Al Baqarah :132)

Pernyataannya: “gak masuk akal kalo dia (Ibrahim) menyebutkan islam yg belum ada pada waktu itu” Memang yang menyebutkan Islam dalam konteks ayat tersebut bukan Ibrahim, tetapi Allah. Pernyataan Ibrahim tersebut disampaikan Allah kepada Muhammad dengan bahasa Arab yang difahami Muhammad. Dan saudara Ridwan meragukan kemampuan Allah mengetahui perkataan Ibrahim, serta mentranslasikan satu bahasa yang diciptakan-Nya ke dalam bahasa lain yang diciptakan-Nya pula, padahal “Tuhanku mengetahui semua perkataan di langit dan di bumi dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (Al Anbiyaa :4)

Demikian pula dalam kitab lainnya, misalnya Injil, saat Allah menceritakan perkataan Adam “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.” (Kejadian 3: 10) dalam bahasa Injil saat itu, apakah kemudian dalam keimanan kepada Allah, kita meragukan kata taman, telanjang, takut, dan bersembunyi dalam ayat tersebut hanya karena keyakinan bahwa bahasa Adam tidak sama dengan bahasa Injil dan Allah mentranslasikannya? Kalau anda ragu, berarti ada ragu terhadap seluruh firman Tuhan, karena keraguan terhadap kesesuaian makna firman-Nya dengan bahasa manusia yang berbeda dengan bahasa Injil. Kami Muslim, sangat percaya kepada Allah, dan tidak meragukan sama sekali pengalihbahasaan yang dilakukan oleh Allah di dalam al-Qur’an, ataupun kitab Musa dan Isa.

Kalau mas Ridwan berasal dari masa 2000 thn sebelum Muhammad, dan hadir disetiap masa sebagaimana Allah hadir sehingga tahu secara persisis sebutan untuk agama Ibrahim dan maknanya, pernyataan mas tidak akan dianggap sebagai pernyataan yang dangkal.

Islam itu akar katanya dari bahasa Arab, seandainya Ibrahim tidak menggunakan bahasa arab pastinya katanya bukan “Islam” tetapi kata senada dalam bahasa saat itu. Melalui firman-Nya Allah ingin menjelaskan bahwa agama Ibrahim adalah agama dengan makna yang sama dengan Nabi dan Rasul sebelum dan sesudahnya, yakni penyerahan diri kepada-Nya, yang dibahasakan oleh Allah kepada orang Arab dengan kata “Islam”. Kenapa Allah membahasakannya ke dalam bahasa arab? Allah menjawab, “Sesungguhnya Kami menjadikan Al Quran dalam bahasa Arab supaya kamu memahami(nya).” (Az Zukhruf :3, Yusuf: 2)

Pernyataan: “ayat2 yg dipaksakan…!!!”. Mungkin maksud pernyataan tersebut, kenapa tidak menggunakan bahasa Ibrahim untuk menyebut agamanya, Allah malah menggunakan bahasa Arab sehingga kemudian agama Ibrahim disebut dengan “Islam” ?

Seandainya memang sebutan bagi agama Ibrahim bukan “Islam” karena bukan bahasa Arab yang berlaku saat itu, maka pembahasaan ke dalam bahasa Arab oleh Allah tepatnya bukan “dipaksakan”, tetapi “disesuaikan” oleh Allah agar firman-Nya difahami oleh Muhammad yang berbahasa Arab. Allah menjelaskan, “Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab?” Katakanlah: “Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh”. Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa Taurat lalu diperselisihkan tentang Taurat itu. Kalau tidak ada keputusan yang telah terdahulu dari Rabb-mu, tentulah orang-orang kafir itu sudah dibinasakan. Dan Sesungguhnya mereka terhadap Al Quran benar-benar dalam keragu-raguan yang membingungkan. (Al Fushilat :44,45)

Saya percaya translasi yang dilakukan oleh Allah adalah benar, mengingat Allah adalah Tuhan Pencipta, yang senantiasa hadir disepanjang kurun jaman, yang tidak berfirman dalam kedustaan, sekalipun bagi-Nya tidak rugi apakah manusia beriman atau tidak. Jika Tuhan menyatakan firman-Nya sebagai petunjuk, maka tidak ada kedustaan di dalamnya. Sehingga saat Tuhan mentranslasikan perkataan Ibrahim (agamanya) dengan bahasa arab menjadi “islam”, kami beriman sepenuhnya karena yang diajarkan Ibrahim, Musa, dan Isa adalah penyerahan diri kepada Allah.

Berkata Musa: “Hai kaumku, jika kamu beriman kepada Allah, maka bertawakkallah kepada-Nya saja, jika kamu benar-benar orang yang berserah diri”. (Yunus :84) Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani lsrail) berkatalah dia: “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?” Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: “Kamilah penolong-penolong (agama) Allah, kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri. (Ali Imran :52)

Rasul-rasul mereka berkata kepada mereka: “Kami tidak lain hanyalah manusia seperti kamu, akan tetapi Allah memberi karunia kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dan tidak patut bagi kami mendatangkan suatu bukti kepada kamu melainkan dengan izin Allah. Dan hanya kepada Allah sajalah hendaknya orang-orang mukmin bertawakkal. Mengapa kami tidak akan bertawakkal kepada Allah padahal Dia telah menunjukkan jalan kepada kami, dan kami sungguh-sungguh akan bersabar terhadap gangguan-gangguan yang kamu lakukan kepada kami. Dan hanya kepada Allah saja orang-orang yang bertawakkal itu, berserah diri”. (Ibrahim 11, 12)

Katakanlah: “Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah”. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”. (Ali Imran :64)

Jika mereka yang kamu seru itu tidak menerima seruanmu (ajakanmu) itu maka ketahuilah, sesungguhnya Al Quran itu diturunkan dengan ilmu Allah, dan bahwasanya tidak ada Tuhan selain Dia, maka maukah kamu berserah diri (kepada Allah)? (Huud :14) Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang-orang yang buta (mata hatinya) dari kesesatannya. Dan kamu tidak dapat memperdengarkan (petunjuk Tuhan) melainkan kepada orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, mereka itulah orang-orang yang berserah diri (kepada Kami). (Ar Ruum :53)


128 komentar :

  1. Salut buat mas Rinda Cahyana,...salam kenal

    BalasHapus
  2. to Rinda Cahaya, kamu sebenernya tidak pinter tapi juga tidak bodoh (alias memodohi diri sendiri). CATATAN: kata ISLAM (b.arab) itu hanya ungkapan sebutan saja, adapun arti sebenarnya ISLAM adalah berserah diri/tunduk/patuh kepada Allah, semua orang yang berserah diri kpd Allah MUSLIM (Bhs. Arab) = Orang ISLAM = Orang yang berserah diri

    karena sebutan ISLAM berasal dari kata Arab...

    terima kasih

    BalasHapus
  3. maap sepertinya saya salah kirim, harusnya ke ridwan. bukan ke rinda cahaya. maap

    BalasHapus
  4. Memang telah disebut dalam Quran supaya kita mengikuti ajaran Ibrahim yang lurus. Dan ajaran sebenar Yahudi, Kristian dan Islam memang mengikuti ajaran Ibrahim. Dan Quran menceritakan bagaimana pendeta-pendeta Yahudi dan Nasrani mengubah agama mereka. Yahudi dengan Talmud nya - mengingkari Taurat. Kristian dengan ajaran-ajaran Saul - mengingkari Injil. Bagaimana pula dengan Islam hari ni? Banyak yang mengambil hukum-hakam ulama-ulama yang kononnya berlandaskan hadis, yang belum tentu kebenaran isinya, sedangkan kita sepatutnya kembali kepada Quran. Terbuktilah apa yang terjadi pada ugama Yahudi dan Nasrani sekarang berjangkit kepada Islam, di mana kesemua pakar agama mereka, dengan bertopengkan nama seperti 'rabbi', 'priest' dan 'ulama' memperkosa agama Ibrahim.

    BalasHapus
  5. @Anonim, anda benar. Penyimpangan yang dilakukan muslim terhadap agama Islam itu tidak sampai merubah alQuran tetapi sebatas kesalahan intepretasi. Tugas para penjaga agama Islam yang terpenting adalah meletakan intepretasi di atas jalan Nabi, Sahabat, dan Salafussalih.

    BalasHapus
  6. yeaaah, tp kebanyakan (gak semua) orng kristen cuma cari pembenaran. bukan kebenaran.

    BalasHapus
  7. Pada kesempatan kali ini http://202.95.10.85 ingin saya menjabarkan sebuah Tutorial bermain supaya kalian tidak bingung saat bermain permainan game taruhan ini

    http://www.volksforum.com/forum/member.php?u=73866
    situs judi online terpercaya
    agen judi online terbaik
    situs poker online uang asli

    BalasHapus
  8. Thank you for sharing info. this website provides information about casino games https://www.belajarcasino.net/

    BalasHapus

  9. Thank you for sharing info. this website provides information about casino games
    http://belajarcasino.net/

    http://belajarcasino.net/

    http://belajarcasino.net/

    BalasHapus
  10. Join us, we are a site that provides a variety of interesting games about cockfighting. Thank you so much for sharing.. Please visit my website
    http://134.19.190.111/

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. visit our website which offers a variety of exciting games and get bonuses that are close to it
    Tangkas

    BalasHapus
  13. visit us website which provides various types of cockfighting games that are easy for you to play. register and join to win the game

    daftar sabung ayam sv388

    BalasHapus
  14. Come on, register and win the jackpot with the most trusted and best online rolet / roulette casino in Indonesia.
    Do not miss the online rolet / roulette game that is on the rise in Indonesia, it also has a guaranteed security system for smooth transactions and maintaining member data security so you feel safe when making bets.
    this year's trusted online casino rolet / roulette site and the most complete because it is equipped with the highest security system and offers jackpots of tens to one million rupiah. not only that, online casino rolet / roulette always provides the best for members, lots of bonuses and various other things.

    thank you for this amazing article, I’ve got you bookmarked to check out new stuff you post :)
    cheers :)

    rolet onlinejudi rolet
    judi roulette
    click roulette
    visit roulette
    click rolet
    visit rolet
    dunia roulette
    daftar rolet
    situs roulette online terpercaya

    BalasHapus
  15. Talking about online casino, now a website that provides the right solution for you to play the best online casino games in Indonesia because Indonesian online casino is one of the best trusted online casino sites in Indonesia and is complete with a MODERN & FANTASTIC appearance, bro :)

    I’ll be grateful if you continue this in future. Numerous people will be benefited from your writing.
    Cheers! :)

    live casino online indonesia
    judi casino online
    bandar casino online
    situs casino online
    situs casino terpercaya
    click me
    situs casino website
    website casino online
    visit bandar casino online
    register casino online

    BalasHapus
  16. Maka kamu ingin untuk memainkan permainan poker online di dalam permainan judi tersebut kamu memiliki segudang taktik dan juga berbagai taktik yang bagus https://forums.richieallen.co.uk/member.php?action=profile&uid=1902

    BalasHapus
  17. niat dari bermain judi online yaitu mengincar suatu keberhasilan bermain permainannya https://en.gravatar.com/idolaqqmaju88

    BalasHapus
  18. maka kalian judi online dapat mengasihkan uluran tangan dengan cara seperti apa yang telah ada admin jelaskan di atas tadi http://flyfreemedia.com/forums/users/idola303maju88/

    BalasHapus
  19. Nikmati Keuntungan Menarik Bersama Situs Judi Online Terjitu DuetQQ

    https://awesomelove.net

    BalasHapus
  20. Banyak sekali keuntungan yang bisa anda nikmati dengan mudah bersama DuetQQ, karena keuntungan ini sangat menarik sekali.

    http://revele.uncoma.edu.ar/htdoc/revele/index.php/revistadelafacultad/comment/view/1326/0/603525
    situs judi online terpercaya

    BalasHapus
  21. Penjelasan Mengenai Judi Casino Online Resmi Indonesia

    https://sites.google.com/view/janjiqq

    BalasHapus
  22. Judi Casino Online Resmi - Sekarang ini banyak sekali masyarakat Indonesia yang tinggi minat nya terhadap permaian judi online.

    https://www.torgi.gov.ru/forum/user/profile/616532.page
    judi bandarq

    BalasHapus
  23. bisa anda selesaikan dominoqq dengan menghubungin cs agar mereka bisa membubarkan anda di dalam permainan agar bisa lebih mudah bermainnya http://www.mediazioniapec.it/index.php?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=3044780

    BalasHapus
  24. Masing masing pemain dominoqq tersimpul untuk di berikan waktu sekejap untuk bisa mengintip sececah berapa sila kartu yan dapat keluar nantinya http://www.gympie.edu.asn.au/home/forums/users/idolaqqjaya88/

    BalasHapus
  25. Menguncup transaksi sekiranya slot online berbeda dengan transaksi pada permainan yang di lakukan secara Spontan https://musescore.com/gidola303

    BalasHapus
  26. Mudah Untung Main Di Situs Slot Online Asia Terbaik Janji99!!!

    slot online

    BalasHapus
  27. Sekarang ini situs judi online yang menawarkan permainan judi online slot tentunya sangatlah banyak dan mudah untuk bisa ditemukan.

    BalasHapus
  28. Tentunya hal tersebut semakin membuat kita merasa binggung untuk memilih bergabung didalam situs judi online yang mana.

    BalasHapus
  29. Berikut akan kami rangkum beberapa tips yang bisa dipakai agar pada saat Bermain Judi Slot Online bisa cepat untuk memenangkan permainan yang sedang dimainkan.

    https://greentealibrary.com

    BalasHapus
  30. slot online ini dapat dimainkan melalui aplikasi Hp ataupun bisa langsung bermain di kasino dengan mesin slotnya langsung.

    BalasHapus
  31. Berikut dibawah ini ada beberapa tips yang bisa kami berikan agar Bermain judi slot online
    bisa cepat menang

    BalasHapus
  32. Bonus Berlimpah Dari Agen Slot Online Indonesia Uang Asli 2021 Tebar4d

    https://slotonline4d.8b.io/

    BalasHapus
  33. Dimana tentunya dapat menghasilkan keuntungan banyak dengan cara bermain slot online yang mudah di pahami saja untuk setiap pemain.

    BalasHapus
  34. Namun,tentunya sebelum bermain ada baiknya untuk anda mengetahui terlebih dahulu pandua bermain judi slot dengan baik.

    Namun,tentunya sebelum bermain ada baiknya untuk anda mengetahui terlebih dahulu pandua bermain judi slot dengan baik.

    BalasHapus
  35. Dimana sebelum bermain mengetahui panduan adalah hal yang wajib, dengan itu saya akan memberikan panduan lengkap bermain judi slot.

    judi slot online

    BalasHapus
  36. Ketahui Panduan Lengkap Sebelum Bermain Game Judi slot online Indonesia

    BalasHapus
  37. mala yang di terima berbagai layanan joker123 yang dapat didapat andai kata nyata yang ada didalam permainan https://en.gravatar.com/idola303jaya

    BalasHapus
  38. Dimana tentunya, kita ketahui bahwa slot adalah permainan mesin yang tentunya sangat mengesankan ada jackpot didalamnya yang bisa didapatkan.

    slot online terpercaya

    BalasHapus
  39. tanpa patut memikirkan sydney prize hal – hal yang sifatnya Memberatkan https://en.gravatar.com/sydneyprize8jaya

    BalasHapus
  40. Talking about Research Writing, now a website that provides the right service for you to Buy Phd dissertation in UK because online dissertation is one of the best and trusted writing agency in UK and is complete creative writing organization.

    BalasHapus
  41. Worried about what you’d wear on your big day? Still searching for the perfect bridal lehenga . Worry No More? Panache Haute Couture brings to you the perfect collections of bridal lehengas online! Whether you want to choose classic red lehenga or a grandiose bridal lehenga, get access to plethora of options with us and mark your big day with great fashion.

    BalasHapus
  42. CARISLOT : DAFTAR SITUS JUDI slot online
    TERPERCAYA PALING GACOR 2021

    BalasHapus
  43. SLOT777 | SLOT88 | JOKER123 | SLOT ONLINE | pragmatic play

    BalasHapus
  44. https://nlcap.net
    DAFTAR 6 SITUS BANDAR JUDI SLOT ONLINE TERPERCAYA 2021

    BalasHapus
  45. IDSLOT77 : SITUS DAFTAR & LOGIN ID slot77
    ONLINE TERPERCAYA

    BalasHapus
  46. Greetings from Colorado! I’m bored to tears at work so I decided to browse your blog on my iphone during lunch break.
    I love the info you present here and can’t wait to take a look when I get
    home. I’m shocked at how quick your blog loaded on my mobile ..
    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyways, amazing site!
    경마

    magosucowep

    BalasHapus
  47. What a nice comment! Nice to meet you. I live in a different country from you. Your writing will be of great help to me and to many other people living in our country. I was looking for a post like this, but I finally found
    바카라사이트
    토토

    BalasHapus
  48. Welcome to Property Jobs in UK, London a division Jobs. We are one of the leading Job portals in the UK
    Property Jobs

    BalasHapus
  49. Panduan Download poker idnplay dapat anda akses dengan cara mengikuti panduan download poker idnplay apk yang telah kami sediakan pada menu Daftar akun poker idnplay.
    Apabila anda kesulitan dalam mengisi formulir pendaftaran akun poker online idnplay, anda dapat langsung menghubungi kami melalui contact yang telah kami sedikan dibawah ini:
    Line : nagabet88
    We Chat : nagabet88
    WhatsApp : +855 9763 86912
    WhatsApp : +855 9797 46703
    SMS & Tel : +855 7146 77216
    Telegram : +855 7146 77216

    BalasHapus
  50. Website designing is an art! Design Zoned offers high-quality and affordable website design services with a team of award-winning designers. Your website shows your business insight. We design a fully optimized and responsive Website at an affordable price. Customer satisfaction is our first priority.
    affordable website design company

    BalasHapus
  51. Whether it is a logo design, a website, or anything in between, our clients will be able to hire a designer to fit their needs. Design Zoned is an affordable website design company that delivers high-quality work at a cheap price.

    BalasHapus
  52. If I learned anything from this crisis it’s that time is unpredictably short, and if I was willing to risk her health, I should also be prepared to commit to spending the rest of our lives together.


    사설토토
    토토사이트

    BalasHapus
  53. I think this is among the most important info for me. And
    i'm glad reading your article. But want to remark on few general things, The
    website style is wonderful, the articles is really excellent : D.
    Good job, cheers

    토토사이트
    토토

    BalasHapus
  54. Artikel yang menarik dan mudah dipahami, semangat terus untuk mengembangkan tulisannya

    Jika anda ingin memesan mesin tepat guna seperti:
    - Mesin Retort Horizontal
    - Mesin Roasting Kopi
    - Mesin Vacuum Frying
    - Mesin Evaporator Vacuum
    - Mesin Grinder Kopi

    Hanya di Toko Mesin Indofamco

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. According to Expert Market Research latest report, titled Vegetable Oil Market (Palm Oil, Canola Oil, Coconut Oil and Soybean Oil) Market: Global Industry Trends, Share, Size, Opportunity, Growth and Forecast 2022-2027”, the global vegetable oil market reached a value of US$ 242.3 Billion in 2021. The global vegetable oil market is a competitive market, and the major strategies adopted by the key players in the market studied include product partnerships, innovations, expansions, and mergers and acquisitions. Sime Darby Plantation Berhad, Borges International Group, Wilmar International Limited, Olam International, Louis Dreyfus Company, Bunge Limited, Golden Agri-Resources, and Archer Daniels Midland Company are some of the prominent players operating in the market studied.

    BalasHapus
  57. House of Avi designs and manufactures genuine leather hand-crafted Juttis. If you want to buy hand stitched jutti for women or have to buy leather jutti for women online, then you can definitely check out our online store. Our products go beyond style statements. You can choose from a wide range from traditional to punjabi or party wear to daily wear. Therefore, you can also buy punjabi jutti online at very reasonable and affordable pricing.
    buy t shirts for women with quotes
    get stylish jutti for women
    buy hand stitched jutti for women

    BalasHapus
  58. A world network of the Most Popular Homeopathic Doctor in India, Orbit Clinics is a fast-growing global network of clinics. Dr Deepak Sharma, Popular Homeopathic Doctor in India, suggested the name "Orbit Clinics" because he always said, "You are going to different hospitals at various locations in Delhi & NCR every day, so you cover an orbit of the city". That’s why we became the famous Homeopathic clinic for PCOD in India. We treat many chronic diseases including Asthma, Hairfall, Renal Stones, PCOD/PCOS, Infertility, Back/Joints Pain, Skin problems and more at Orbit Clinics and also we are the famous homeopathic clinic for headache in India. Dr. Deepak Sharma, Best Homeopathic Doctor in Delhi NCR and Famous Homeopathic Doctor in Delhi NCR, has successfully cured thousands of chronic and complex diseases with the help of his TEAM. Using the principles of classical as well as clinical Homeopathy, he provides individualized modern Homeopathic treatment. Based upon principles to provide a cure, the aim since 2004 has been to restore health in a shortest possible period of time. Based upon the encouragement of thousands of patients worldwide, we have the finest Homeopathic doctor for hair fall in Delhi NCR.

    Online order Trichomeal Herbal Hair wash in India
    finest Homeopathic doctor for hair fall in Delhi NCR
    tuberculinum homeopathy treatment in Delhi NCR

    BalasHapus
  59. The most money-making online gambling game of the era Games that can be played on all platforms ambbet

    BalasHapus
  60. from the hottest dealers of all famous brands ready to serve everyone to have fun always excited สล็อต

    BalasHapus
  61. Free credit giveaway activities, which will be organized in rounds. In each round will be limited to the number of users to distribute. Can be tracked on the web page. winbigslot.com superslot เครดิตฟรี

    BalasHapus
  62. บริการเกมสล็อตออนไลน์ปี 2022 เกมให้เลือกเล่นมากกว่า 1,000 เกม Mega game d

    BalasHapus
  63. That many players have tried to play in the past for sure. Minimum 10 baht slots. There are big payouts to all players throughout the day. สล็อต

    BalasHapus
  64. Bet with Ambbet, advantages over other betting websites we welcome And you may welcome pgslot

    BalasHapus
  65. that is open as well, but at present, we may not need to travel to play to the real place because we can amb

    BalasHapus
  66. he more techniques to play online games. how much It will make playing online games more likely to win online games. amb

    BalasHapus
  67. Thai people have been waiting for, but in ambbet, there is not only Thai lottery. There are also Laos pgslot เว็บตรง

    BalasHapus
  68. The backup battery must be ready. In the rainy season, there are always surprises. especially if you are faced with a storm. Chances of power outages happen to almost every home. pgslot

    BalasHapus
  69. 121 Slotxo online slots that There is an easy way to play. nothing complicated And there is a formula for playing slots that is fixed. You can play any formula. And each person has a formula. สล็อต

    BalasHapus
  70. Eat a lot of fruits and vegetables, especially children who are growing up. They are not very good at vegetables and fruits. บาคา

    BalasHapus
  71. Jokergame makes playing your online games easier and more convenient. Don't waste time traveling No more waiting time for deposits with fully automated ตารางคะแนน

    BalasHapus
  72. Probably a foreign website, but it has built a lot of trust among Thai people. Apply now. ambbet

    BalasHapus
  73. Prolife Nutrition is the Best Online Supplement Store in India, offering a comprehensive range of health and fitness products. Prolife Nutrition, an authentic online supplement store, offers avvatar mass gainer, bulk mass gainer, protein powders, whey protein powder 1kg, whey isolate protein powder, plant-based protein powders, bodybuilding supplements, weight gainers, pre workout supplement india, muscle building supplements, bcaa, post workout, glutamine, fat burner, zma, creatine monohydrate, amino powder, omega 3 fish oil, sleep support supplements, and so on.

    Authentic Online Supplement store
    buy mass gainer supplement in India
    whey isolate protein powder
    best pre workout supplement in india

    BalasHapus
  74. PgSlot is an interesting game. And it's the best source of income as well.welcome pgslot

    BalasHapus
  75. through the automatic system which you will find entertainment just using your phone ambbet

    BalasHapus
  76. This is the last problem that we may encounter when playing online gambling games. It is a website problem that our website will update the game every once in a while. pgslot

    BalasHapus
  77. Few steps, but how to play pgslot online to understand and play strategically It will increase your chances of earning money. สมัครสมาชิกสล็อต pg

    BalasHapus
  78. Online slots have a variety of unique games to choose from. and is the center of popular games pgslot เว็บตรง

    BalasHapus
  79. I thought they were not functioning at this point. Blissful I did explore and sorted out they are keeping forward and lifting. Good luck
    https://paxtonutoo755.simplesite.com/453158188

    BalasHapus
  80. No minimum, believe that you will be thrilled. From betting on our website for sure pgslot เว็บตรง

    BalasHapus
  81. What are the strengths of the website for free application?
    Join in the fun of betting games. pgslot

    BalasHapus
  82. win big slot has many ways to claim free credit. Today we will talk about how to get free สล็อต

    BalasHapus
  83. online slots and pgslot brand brand fish games, great promotions, free online slots and pgslot brand brand fish games, great promotions, free ambslot

    BalasHapus
  84. Which we can say that many people have made some mistakes in playing gambling games because we don't know where we are wrong. pgslot เว็บตรง

    BalasHapus
  85. where to get tested and try to play by yourself that each game How much fun will it be? and do not miss it pgslot

    BalasHapus
  86. Without having to pay a lot of games in which in some casinos there is a trial service สล็อต

    BalasHapus
  87. It is a game that wins according to the terms that you will see. with prize money which can be withdrawn ดูบอลสด

    BalasHapus
  88. If you still don't know which game to choose and we certainly won't bother you, and if you want to know the name of this slot game, the game name is Lucky Neko, which is an online pgslot

    BalasHapus
  89. On September 7, 2022, there was a lucky person playing fish shooting game. Boiling bullets, get big luck, withdraw 78813, hit big bosses, get bonus rewards, don't hold back PGSLOT168 us pgslot

    BalasHapus
  90. GAMING NETENT QUICKSPIN or even Pragmatic Play Trial where you can buy free spins for yourself. สล็อตxo

    BalasHapus
  91. level of security will make the player Can receive prize money, also known as Big win, is a jackpot that ผลบอลสด

    BalasHapus
  92. It's very easy in this era. Fish shooting games. If talking about this game, no one would know for ดูบอลสด

    BalasHapus
  93. You have to play as one of 50 people who travel to a deserted island. And do whatever it takes to survive by fighting the rest of the travelers and avoiding them. pgslot เว็บตรง

    BalasHapus
  94. Come and play with the website directly. and not through any agents and that are important With regard to security and including playing games that are paid, it's really the best. pgslot

    BalasHapus
  95. The pg slot scan formula, to put it simply, is a ready-made program that is formed by collecting data. pgslot

    BalasHapus
  96. round will be limited to the number of users in the distribution can be tracked at pgslot

    BalasHapus
  97. You can play free slots in every buffet style. Wish you all to enjoy online slot games. pgslot

    BalasHapus
  98. Just remember to avoid obstacles and those red blocks always ready To get a high score and you may have your name. be on the leaderboard pgslot

    BalasHapus
  99. See it as a waste of time to make money. and thought it was an easy game to play Today we will take everyone to know the advantages of trying to play slots. ตารางคะแนน

    BalasHapus
  100. system of new services. Allows you to make transactions easily by yourself, there are many ways ambslotsystem of new services. Allows you to make transactions easily by yourself, there are many ways ambslot

    BalasHapus
  101. This is the best post I have ever seen. Very clear and simple. Mid-portion Is quite interesting though. Keep doing this. I will visit your site again. travis bickle jacket

    BalasHapus
  102. place bets, making it easier for you to play betting games. Let's take a look at this article. pgslot

    BalasHapus
  103. as something that is too easy, too easy to make the game become Playing without a goal, without planning, the result is mindless บอลโลก 2022

    BalasHapus
  104. Ibrahim had passed those words on to his children" signifies a legacy of wisdom. Just as these words carry forward, Remote-site catering services in Houston Texas pass on nourishment and comfort to remote work locations, ensuring sustenance and well-being for workers in challenging environments

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya