Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Senin, 11 Mei 2020

Pemimpin yang Hidup dalam Hati Rakyatnya


Di masa lalu, ada Amir / Pemimpin yg wilayah kekuasaannya meliputi suku-suku Arab serta taklukan Romawi dan Persia yg terbentang luas. Di kisahkan, beliau melakukan peninjauan utk melihat kondisi rakyatnya. Beliau tdk dikawal pasukan bersenjata krn belum lazim dalam praktik kesukuan saat itu. Beliau hanya ditemani Aslam ra. Beliau adalah Amirul Mu'minin Umar bin Khathab ra.

Singkat cerita, beliau mendengar curhatan warganya yg kekurangan makanan. Ibu yg anaknya kelaparan itu tdk mengenal sang Amir, dan mengungkapkan kekesalannya dgn menyebut kondisinya itu disebabkan krn kejahatan beliau yg tdk mau turun melihat rakyatnya. Aslam ra merasa tdk nyaman dgn perkataan tsb dan hendak menegurnya, tetapi dicegah oleh beliau. 

Sekalipun beliau tdk seperti yg dituduhkan warganya tsb, tetapi beliau merasakan beban kesalahan di dalam hatinya. Beliau tdk menghukum warga tsb krn kelancangannya, tetapi "menghukum" dirinya sendiri. Beliau memutuskan utk mengambil sekarung gandum dari Baitul Maal. Kalau jaman sekarang, sembako dari anggaran negara. Beliau sendiri yg dgn kepayahan memikul karung tsb.

Waktu memikul karung itu, beliau ra masih ditemani oleh Aslam ra. Krn tdk tega melihatnya, Aslam ra meminta agar karung itu dipikulnya saja. Tetapi Amirul Mu'minin menolak krn tdk ingin ada orang lain yg memikul beban tsb kelak di akhirat. Beliau dgn dibantu Aslam ra kemudian memasak utk keluarga tsb. Praktiknya klo di jaman sekarang ini seperti memberi nasi kotak dan kardus sembako. 

Soal bantuannya dibawakan sendiri atau ada yg membawakannya, tergantung berapa banyak yg akan menerimanya. Utk kasus satu keluarga itu, beliau membawakannya sendiri. Tapi dlm kasus bencana kekeringan yg memicu kelaparan, beliau melibatkan sejumlah Gubernur dan para pegawainya dlm membawakan makanan kpd rakyat di wilayah bencana.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya