Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Rabu, 06 Maret 2024

Proses Pembelajaran yang Canggih

Saya membayangkan pembelajaran di masa depan sangat fleksibel, di mana siswa dapat hadir di ruang kelas secara virtual. Namun, guru dapat melihat kehadirannya di ruang kelas nyata dengan kaca mata khusus. Di dunia nyata bangkunya nampak kosong, namun setiap orang yang menggunakan kaca mata tersebut dapat melihat ada seseorang yang duduk di sana. 

Teknologi tersebut sebagaimana gambar 360 derajat yang bisa dilihat oleh kita dengan cara mengubah arah tubuh, atau seperti permainan Pokemon Go yang Pokemon nya adalah siswa yang hadir secara vrtual, memanfaatkan data GPS, sensor giroskop, dan lain-lain. Berbeda dengan kehadiran menggunakan Zoom atau semisal lainnya, tekologi ini menyediakan akses ke dunia nyata dari rumah. Siswa bisa pergi ke sekolah melalui kanal digital, memasuki dan berjalan di dalam gedung sekolahnya secara virtual, menyapa teman di dunia nyata yang sedang menggunakan kaca mata nya, memasuki ruang kelas dan duduk di kursi kelas. 

Teknologi menjadi solusi bagi siswa untuk dapat belajar secara remote namun tidak kehilangan aktivitas sosialnya, berkesempatan untuk berinteraksi dengan siapapun yang mengenakan kaca mata tersebut di lokasi sebenarnya. Lebih jauh, kaca mata tersebut dapat membawa seisi kelas untuk beranjak ke ruang kelas di sekolah lain, musium, dan lain sebagainya. Di sana, mereka bisa belajar lebih banyak lagi dari sumber pengetahuan berbeda. Hal ini menjadi solusi bagi kalangan yang bergantung pada tatap muka, di mana lawan tutur hadir dalam sosok tubuh virtual di tempatnya.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya