Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Minggu, 17 Agustus 2008

Awal Perjalanan di Institut Teknologi Bandung


Berawal dari ajakan rekan kerja di kampus untuk kuliah pascasarjana bidang information security management system di Universitas Langlangbuana. Saya memang sudah lama bereksperimen dengan kriptografi dan benar-benar berminat mendalami ilmu tersebut. Tetapi Prof. Ali Ramdhani bersikeras menginginkan agar saya masuk ke Institut Teknologi Bandung. Sementara itu rekan kerja dan dosen sewaktu sarjana dulu menyuruh saya untuk tidak melanjutkan studi di ITB tetapi pergi ke Australia.

Dengan dukungan penuh dari Prof. Ali Ramdhani akhirnya saya ikut seleksi masuk pascasarjana Teknik Informatika di ITB pada gelombang ke dua. Tanggal 4 Juli 2008 saya mengikuti English Profiency Test dengan kepasrahan yang total kepada Rabb, karena sebelumnya test semacam itu belum pernah saya ikuti. Tanggal 5 Juli 2008 saya mengikuti Test Potensi Akademin Bappenas dengan harapan agar bentuk test nya seperti yang pernah saya ikuti waktu seleksi kerja di Texmaco atau di Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil Jawa Barat.

Beberapa hari kemudian saya dikonfirmasi lolos seleksi EPT dan TPA. Hingga akhirnya tanggal 16 Juli 2008, surat dari ITB datang juga. Saat itu Prof. Ali Ramdhani dan staf kampus sedang berkumpul. Tadinya saya ingin membuka surat itu di rumah saja, tapi ketua jurusan Teknik Komputer membuka surat itu. Akhirnya mau tidak mau keputusan itu harus saya dengar saat itu juga, saya harus belajar di ITB.

Setelah melalui perjalanan registrasi yang melelahkan akhirnya perjalanan itu siap dimulai. Melalu Yahoo Messanger saya segera mengucapkan terima kasih kepada Prof. Rochim Suratman yang selama ini memberi masukan dan semangat. Dengan segala kefakiran, semoga perjalanan ini tidak sia-sia, berhasil, dan memberi banyak tambahan bagi kehidupan.

Semoga, semua pihak yang membantu pembiayaan dalam menempuh studi pasca sarjana diberi pahala sedekah yang diterima oleh Alloh.

Allah Ta'ala berfirman, "Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertaqwa dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (syurga) maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah". {Qs. Al Lail (92) : 5-8} "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah maha luas (kurnia-Nya) lagi maha mengetahui". {Qs. Al Baqarah (2) : 261}

3 komentar :

  1. ANda memang layak mendapatkannya.
    Selamat, semoga keilmuan Anda makin bermanfaat bagi keluarga dan kami (mahasiswa).
    -- daman hidayat, TeKomp

    BalasHapus
  2. Selamat menjadi mahasiswa baru, semoga segalanya akan menjadi lebih baik :)
    fauzi

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya