Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Minggu, 28 Desember 2008

Vertigo


Ujian dalam ibadah menuntut ilmu selain lelah yang menghambat konsentrasi belajar, terakhir datang juga vertigo yang membuat tubuh ini tidak bisa beranjak selama satu minggu karena pandangan mata tidak fokus (puyeng). Mungkin gara-gara ngajak ngebut kuda tungganganku sampe 100 km pulang pergi Garut Bandung buat ngejar solat di al-Musaddadiyah pada hari Jum'at itu. Atau mungkin terpicu oleh naiknya adrenalin sewaktu manufer di depan bus dan truk besar bersama orang yang ngemudiin kawasaki ninja ke arah Bandung itu ya? Ya, ceritanya aku mau nyusul mobil truk di belakang pengendara motor satria, di depan kawasaki ninja maksa mau nyusul bus yang sedang datang ke arahku. Untung Alloh memberi pertolongan dan secara reflek tubuh ini bergerak mengarahkan tungganganku ke depan mobil truk. Kalau tabrakan, wah ceritanya rame dan mungkin tia da nyawa lagi. Masalahnya semuanya yang terlibat, motor atau mobil pada ngebut. Waktu itu sih tiak ada perasaan apa-apa, mungkin sedang dalam kondisi extrem mud ya .. ha4x .

Mungkin karena tidak ada ujian dari kejadian itu, datanglah vertigo yang menyebabkan apa yang dilihat berputar-putar. Setiap kali tidur terlentang pasti muter ... pengen muntah. Sampai bangkit jugab tidak bisa. Vertigo sendiri saya dengar dari teman kerja saya. Setelah googling dan membaca artikel tentang vetigo, panik juga ... akhirnya senin pagi itu diputuskan konsultasi ke spesialis syaraf. Dr Natsir mengiyakan. Selama hampir seminggu saya tidak bisa mengerjakan tugas UAS. Untung ada teh Ismi yang baik hati mau share ... trims ya.

Belum sembuh dari vertigo malam jum'at itu jam 12 malam perut ini rasanya sakit sekali. Saking tidak bisa nahan sakitnya dari mulut keluar erangan kesakitan. Benar2 jeritan malam jum'at, hi4x. Istri ynag panik segera memanggil dokter (thanks ya say) dan untung doternya mau datang.

Rabb berusaha membuat saya takut dengan kematian. Karena insiden kawasaki ninja tidak memuat saya takut, didatangkanlah vertigo yang mulai terasa sangat menakutkan. Saat didera pening luar biasa itu saya sempat membayankan mungkinkan ini sakaratul maut? Tapi sayangnya tubuh ini masih bisa bertahan dan ketakutan sirna begitu rasa pening berputar-putarnya lenyap. Akhirnya, datang ujian yang benar2 membuat saya menyerah kepada Rabb, keram usus. Malam itu saya menyerah dan mengerang kesakitan dan panik. Sampai di saat itu saya berfikir akan mati dan mencoba mengajak diri untuk menyampaikan wasiat kepada istri yang saat itu tengah panik. Istri sendiri melihat saya panik dan ingat alm ayahnya yang meninggal karena sakit di malam hari.

Wahai Rabb, aku tahu sekarang bahwa kembaliku kepada-Mu bukan oleh tangan-Mu, tapi oleh tanganku. Maafkan aku yang telah menyerah kepada takdir-Mu namun mencercanya pula. Kini aku sadar kebanggaan Mu atas manusia adalah karena manusia telah berusaha ... Maafkan hamba-Mu yang lemah.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya