Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Kamis, 05 Oktober 2023

Doa Lelaki Tua


Sore itu saya menyempatkan diri utk mendengarkan seorang lelaki tua berjaket kulit lusuh dan bergelang rantai yg bercerita tentang pengalaman gelap dan kerasnya di pelabuhan pada masa lalu. Saya berusaha menyimak ceritanya sambil menunggu perbaikan jok selesai. Ada banyak cerita yg tdk terlalu jelas krn bisingnya kendaraan yg lewat, dan juga karena alur ceritanya yg loncat-loncat. Bapak itu nampak serius saat bercerita. Saya mencoba utk mencairkan suasana dgn menyisipkan candaan.

Terbesit di dalam pikiran ini keinginan utk memberikan uang kembalian jasa perbaikan jok kepada nya. Dan benar saja, ia bertanya setelah melihat saya mulai beranjak, apakah saya tdk akan memberinya uang? Saya pun tersenyum dan memberikan uang kembalian itu. 

Setelah menerima uang itu, ia mengulurkan tangannya, meminta disalami. Pada awalnya saya menolak, semata utk menunjukan bahwa pemberian itu bukan sesuatu yg luar biasa. Tetapi lelaki tua itu memaksa. Saya pun menjabat tangannya. Kemudian ia menundukkan kepalanya saat doa mulai dilantunkan oleh mulutnya. Ia menjabat tangan krn ingin mendoakan saya.

Saya pun mulai tersadar, uang sekecil apapun bagi orang lain mungkin teramat berarti. Hal itu nampak dari ekspresi syukurnya yg teramat sangat. Dan yg terpenting saya diingatkan akan hadirnya rejeki penghapusan dosa, sesuai sabda nabi SAW yg artinya, "Tidak lah dua orang muslim yg saling bertemu, kemudian saling berjabat tangan kecuali keduanya akan diampuni (dosa) sebelum mereka berpisah" (HR. Ibnu Majah)

#BiografiCahyana

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya