Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Senin, 05 Agustus 2024

Berkas Beraroma

Pagi ini, Senin, 5 Agustus 2024, saya putuskan utk mengenakan masker saat berada di ruang residensi. Saya tertular flu batuk dari anak beberapa hari ke belakang. Di meja kebetulan ada botol aroma terapi yg bisa diteteskan ke masker utk menyegarkan pernafasan. Saya pun membuka laci meja, tempat di mana botolnya berada.

Saat memegang botolnya, tiba-tiba teringat seminar minggu lalu. Salah seorang penguji memegang laporan kemajuan dan mendekatkan ke hidung berkali-kali. Saat itu saya fokus pada seminar, sehingga tdk terlalu memikirkan hal tsb. Namun hari ini saya tersadar, sepertinya beliau mencium baru aroma terapi yg menempel di berkas laporan tsb. 

Tiga salinan laporan sudah siap beberapa minggu sebelum seminar. Saya menyimpannya di laci meja, tempat di mana dua botol aroma terapi tersimpan. Selama berminggu-minggu laporan tsb terpapar aroma terapi, sehingga wanginya menempel dan terhirup penguji seminar. Beliau tdk menanyakan atau komplain ttg hal tsb. Sikap beliau sejalan dgn sunnah,

"Siapa yang ditawari minyak wangi, janganlah dia menolaknya. Karena minyak wangi itu ringan diterima, dan baunya harum" (HR. Ahmad dan Nasai).

Saya baru menyadari metidaksengajaan yg baik dan terjadi hari itu. Hal tsb merupakan bagian terkecil dari cara Allah memuliakan para guru yg hadir di tempat tsb. Cukup serahkan segalanya kpd Allah, sebab Allah bersama ku, Allah memelihara ku, dan Allah menyaksikan ku. 

At-Thibi mengatakan, "Tuan rumah hendak memuliakan tamunya dengan bantal alas duduk, minyak wangi, dan susu. Hadiah ini nilainya kecil, karena itu, tidak selayaknya ditolak" (Tuhfatul Ahwadzi).

#BiografiCahyana #PendidikanCahyana

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya