Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Senin, 29 Februari 2016

Uji Kompetensi SMK IT Nurul Amien


Garut, 29 Februari 2016 adalah hari pertama uji kompetensi di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Islam Terpadu Nurul Amien di kecamatan Leuwigoong untuk bidang Rekayasa Perangkat Lunak. Saya datang ke lokasi sebagai penguji siswa-siswi yang akan lulus dari sekolah tersebut. Ini adalah pertama kalinya saya terlibat dalam kegiatan kurikuler di sekolah. 

Beberapa minggu sebelumnya saya mendapat telpon dari kak Makmul Arief, rekan pengurus Kwartir Cabang Garut, yang meminta saya untuk dapat menjadi penguji kompetensi di sekolah yang dipimpinnya. Saya menyanggupinya, dan membantunya untuk mendapatkan satu penguji lagi dari Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut. Yang menarik, ternyata guru-guru produktifnya merupakan mahasiswa program studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Informasi ini menambah peta lulusan program studi yang bekerja sebagai guru produktif di SMK bidang Informatika dan tersebar di berbagai kecamatan di Garut. Jadi ingat kepada diri saya sendiri, lulusan program studi yang ditakdirkan harus meniti karir sebagai tenaga pendidik di Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Dan tidak disadari, penguji dari Dinas Komunikasi dan Informatika Garut pun ternyata mahasiswa dan alumni Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Jadi tim penguji dan guru produktifnya serba Sekolah Tinggi Teknologi Garut, hehehe.

Tahun ini memang banyak permintaan uji kompetensi ke saya, di mana dua lokasi dialamatkan sekolahnya ke Komunitas TIK Garut yang saya pimpin dan satu lokasi ke Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Salah satu sekolah yang mengajukan uji kompetensi ke Komunitas TIK Garut mengemukakan alasannya yakni karena di Komunitas TIK Garut terdapat banyak orang yang kompeten di bidang TIK. Alhamdulillah karena memang umumnya pengurus Komunitas TIK Garut adalah tenaga pendidik baik di sekolah ataupun di perguruan tinggi. Di Komunitas TIK Garut, pembicaraan uji kompetensi ini sejak tahun 2014. Saat itu layanan uji kompetensi diwacanakan akan dilaksanakan oleh Komunitas TIK Garut. 

Di SMK Nurul Amien saya melihat kemampuan peserta ujian dalam pengembangan aplikasi komputer. Mereka bisa menggunakan kreatifitasnya untuk membuat aplikasi sesuai dengan kekhasan mereka. Ada sejumlah keahlian yang belum mereka capai, dan ini membuat saya terdorong untuk menyelenggarakan kegiatan di Garut yang bisa mengisi kesenjangan tersebut. Program studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut harus dapat turut serta meningkatkan kemampuan siswa SMK Informatika dan mendorong mereka bisa berprestasi minimal pada level Garut. 

Sebelumnya saya sudah membawa Hackathon Merdeka 2.0 ke Garut, di mana dalam lomba nasional tersebut programmer di Garut memperlombakan aplikasi komputer yang dibuatnya. Berdasarkan pengalaman ini kemudian Dinas Komunikasi dan Informatika Garut mempersiapkan lomba pengembangan aplikasi eGoverment tahun ini, yang direncanakan rutin digelar setiap tahunnya. Tinggal peran pendampingannya yang harus diisi oleh program studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan juga oleh Komunitas TIK Garut. 

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya