Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Kamis, 27 Juli 2023

Relawan TIK: Jalan Pensucian Diri


Relawan TIK yg aktivitasnya secara umum adalah sedekah merupakan jalan pensucian diri. Pemikiran tsb sejalan dgn firman Allah SWT yg artinya, "Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Baqarah: 271).

Mungkin ada banyak manfaat sedekah relawan TIK yg tdk disadari, sehingga keberadaan mereka dianggap tdk bermakna. Secara manusiawi akan terasa menyakitkan saat relawan TIK divonis oleh siapapun yg dibantunya sebagai entitas yg tdk berkontribusi dan tdk layak dimudahkan urusannya. Tetapi, cukuplah Allah bagi relawan TIK, Tuhan yg mengetahui semua sedekahnya dan mengganjarnya dgn penghapusan kesalahan-kesalahannya. Jalan suci ini ditempuh oleh relawan TIK yg berhasil melihat dosa atau kesalahan melekat pada dirinya, dan merasa perlu utk menghilangkannya.

#PersepsiCahyana #PengabdianCahyana

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya