Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Sabtu, 02 April 2011

alKhowarizmi

Perangkat lunak alKhowarizmi yang dibuat dengan Lazarus ini digunakan untuk membuat program dengan kode Pascal berbahasa Indonesia. Prototipe diluncurkan 2 April 2011 ...

Sementara ini baru tersedia sebatas prototipe. Untuk menjalankannya:
  1. Install Lazarus pada Sistem Operasi Microsoft Windows anda, installernya ada di sini
  2. Unduh alKhowarizmi di sini
  3. Ekstrak alKhowarizmi.rar ke folder bin di mana fpcmake.exe berada.
Analisis dan rancangan alKhowarizmi dapat di lihat dalam Tugas Akhir saya di Perpustaan Sekolah Tinggi Teknologi Garut. alKhowarizmi diambil dari nama penemu konsep Algoritma dan Aljabar, seorang ahli matematika dari uzbekistan yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi. Di literatur barat, beliau lebih terkenal dengan sebutan Algorism. Panggilan inilah yang kemudian dipakai untuk menyebut konsep algoritma yang ditemukannya. Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi (770-840) lahir di Khwarizm (Kheva), kota di selatan sungai Oxus (sekarang Uzbekistan) tahun 770 masehi. Penggunaan nama alKhowarizmi disebabkan karena pada saat pengembangannya yang pertama (tahun 2003), perangkat lunak ini hanya menyediakan perintah dasar Pascal-Like yang dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan pemrograman dalam matakuliah algoritma.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya