Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Rabu, 26 April 2017

Mengenalkan Manfaat Smartphone kepada UKM Cinderamata bersama Disbudpar Garut



Garut, 26 April 2017, bertempat di Hotel Redante saya memenuhi permintaan Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) kabupaten Garut untuk mengenalkan kegunaan smartphone bagi pelaku usaha kecil menengah khusus cinderamata. Permintaan pertama disampaikan oleh pak Irno Sukarno pada hari Senin. Beliau menemukan saya di internet dengan kata kunci "Komunitas TIK" berbekal informasi dari Bappeda Garut. Dalam komunikasi pertama, sempat salah dengar terkait tanggal pelaksanaan. Saya mengira bulan Mei sehingga saya menyampaikan kepada beliau akan melihat rencana kegiatan dulu pada tanggal tersebut. Seandainya tidak bisa saya akan merekomendasikan nama pegiat TIK lainnya yang kompeten sebagai pemateri utk menggantikan saya. 

Keesokan harinya, dalam perjalanan menuju ITB, Kabid (kepala bidang) Promosi Disbudpar Garut mengontak untuk mengonfirmasi kesediaan saya sebagai pemateri. Panggilannya tidak bisa diangkat karena sedang membawa kendaraan, dan juga karena hanphonenya agak bermasalah. Akhirnya saya dapat menghubungi beliau dan menyampaikan kesiapan menyampaikan materi tersebut pada hari esok. 

Malam hari saya siapkan materinya dengan bantuan mbah Google. Sebagian slide saya ambil dari presentasi sebelumnya terkait Ekonomi Digital. Akhirnya slide pun selesai pukul setengah dua pagi dan langsung dibagikan di Facebook agar yang tidak hadir bisa ikut melihat apa yang akan saya sampaikan dalam acara nanti. Setelah itu saya berusaha untuk tidur walau agak susah mata ini terpejam. Perut ini keroncongan, tetapi saya tidak ingin mengisi makanan apapun ke dalamnya. 

Keesokan harinya, seperti yang disampaikan oleh pak Kabid saya hadir sekitar pukul delapan pagi. Ternyata saya kebagian mengisi materi tidak di sesi pertama. Karena masih banyak pematerinya, saya mohon izin untuk ke kampus terlebih dahulu karena ada undangan rapat pimpinan yang masuk melalui Whatsapp. 

Setelah selesai mengikuti rapat, dan makan siang di rumah, saya pun beranjak ke lokasi kegiatan lagi. Di sesi terakhir itu saya dipandu oleh pak Irno Sukarno. Materi yang saya sampaikan dibagi menjadi tiga termin, 1) Sadar Teknologi, 2) Melek Teknologi, dan 3) Pendampingan. 

Dalam kesempatan tersebut saya menyampaikan bahwa manfaat jejaring sosial bagi usaha sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya "Barangsiapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dibanyakkan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali persaudaraan” (H.R. Bukhari-Muslim). Semangat persaudaraan yang utama adalah melayani orang lain. Pebisnis akan bertanya kepada temannya di media sosial apa yang bisa dibantu, termasuk menawarkan kesempatan bisnis. 

Saya pun menjelaskan bahwa pertemanan ini tidak dibatasi hanya orang-orang yang dikenal dan di Indonesia saja, tetapi harus lintas bangsa. Hal ini sejalan dengan firman Allah SWT yang artinya, “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”. (Qs. al-Hujurat: 13). Inilah kesempatan yang ada pada dunia datar internet, yakni interaksi dengan siapa saja secara efisien untuk kepentingan apapun, termasuk bisnis. 

Saya tunjukan grafik pengguna smartphone di Asia Pasifik dan Asia Tenggara. Nampak di sana bahwa pengguna terbanyak adalah Cina dan pertumbuhan penggunanya di Indonesia signifikan. Kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh UKM di Indonesia dengan mengoptimalkan pemanfaatan smartphone. Smartphone harus dijadikan pekakas untuk membanjiri Cina dengan produk made in Garut. Hal itu sangat mungkin karena marketplace Cina saja sekarang sudah masuk ke dalam rumah-rumah di Garut.  

Ternyata masih ada peserta yang tidak memiliki akun Facebook, media sosial kedua yang paling banyak digunakan di Indonesia. Saya menyampaikan kepada peserta bahwa Facebook harus diakses karena di sana terdapat pengguna produk potensial. Facebook adalah salah satu media sosial yang menyediakan solusi marketplace gratis dan promosi menguntungkan karena penggunanya yang sangat banyak. Saya menunjukan caranya, termasuk mengkombinasikannya dengan Bukalapak sebagai salah satu marketplace terbaik di Indonesia. 

Terakhir saya sampaikan bahwa Prodi (program studi) Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut menjadikan Smart TIGER sebagai acuan kegiatan Tridharma nya. TIGER bermakna Pariwisata / Tourism yang ditunjang oleh pilar Industri Kreatif, Pendidikan / Educations, dan Agama / Religious, dengan yang berdiri dengan dukungan Pemerintahan / Goverment. Banyak produk akademik dalam topik Pariwisata seperti Aplikasi Pemandu Wisata. Prodi juga memiliki Area 306, pusat layanan profesi dan keahlian. Di dalamnya terdapat inkubator bisnis digital. Tidak lupa saya informasikan rencana kegiatan workshop e-Commerce yang akan digelar Area 306 dengan NAWALA pada bulan Mei 2017 yang akan diselenggarakan selama dua hari, di mana satu hari untuk Entepreneur Kampus dan satu hari lagi untuk UKM umum.  Saya juga menginformasikan kegiatan Dinas Koperasi Jawa Barat dan HIPMI terkait UKM. 

Hal penting selain membagikan pengetahuan dalam kegiatan tersebut adalah diskusi dengan kepala Disbudpar Garut. Beliau tertarik bermitra dengan Sekolah Tinggi Teknologi Garut terkait pemanfaatan teknologi informasi untuk promosi pariwisata. Beliau berharap kemitraan ini dapat mewujudkan mimpi berbasis teknologi informasi yang sementara ini belum terwujud. Sangat kebetulan sekali karena penanggung jawab untuk pengembangan teknologi informasinya adalah Diskominfo, dan Sekolah Tinggi Teknologi Garut telah menjalin kerjasama formal dengan Dinas tersebut. Alhamdulillah, semoga barokah. 


0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya