Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Selasa, 13 Juni 2017

Buka Bersama Milad Smartfren Community Garut 2017


Selasa, 13 Juni 2017, saya menghadiri undangan buka bersama di Jemani Hotel. Undangan tersebut disampaikan oleh Ipan Setiawan selaku leader dari Smartfren Community Garut. Satu tahun yang lalu, tepatnya tanggal 29 Mei 2016 adalah peluncuran komunitas ini. Teringat saat itu saya menjembatani komunikasi Ipan Setiawan dengan Sekolah Tinggi Teknologi Garut dan Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) kabupaten Garut. Dengan demikian, ini adalah milad yang kedua bagi komunitas tersebut.


Saya agak terlambat datang ke lokasi, karena sebelumnya harus mengawal Pesantren Teknik Tujuh Hari dulu. Saat tiba di lokasi, saya berpapasan dengan kang Wildan dari Fakultas Komunikasi Universitas Garut yang juga diundang. Ipan Setiawan dan pak Dikdik Hendrajaya nampak duduk di depan di samping pak Ustadz yang sedang memberikan kultum. Melalui Whatsapp pak Dikdik meminta saya duduk di kursi paling depan yang masih kosong. Saya menjawab, akan berada di belakang saja.  


Di belakang saya disapa oleh para purna Himpunan Mahasiswa Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut yang rupanya juga hadir di sana. Sebagai orang yang senang mengabadikan kejadian untuk kepentingan evaluasi diri, saya mengajak mereka untuk selfie. 


Akhirnya waktu Magrib telah tiba. Saya menyalami pak Dikdik yang berjalan ke belakang menuju sajian iftar. Beliau meminta maaf tidak sempat memberi tahu soal kegiatan ini. Saya sampaikan bahwa kemarin saya telah diberi tahu oleh Ipan Setiawan. 

Satu hari sebelumnya Ipan Setiawan juga meminta saya mengusahakan agar kepala Diskominfo Garut dapat hadir. Saat itu saya menyarankan agar dikirim saja surat undangan ke Diskominfo. Tapi rasanya undangan itu belum disampaikan oleh Ipan Setiawan, sehingga beberapa jam sebelum acara buka bareng saya berusaha menghubungi kepala Diskominfo Garut. Dalam komunikasi melalui telpon, beliau menyampaikan permohonan maaf karena sedang dinas sehingga tidak bisa hadir. Sekretaris beliaupun tidak bisa hadir sehubungan ada kegiatan lain yang sudah direncanakan. Saya sampaikan informasi tersebut kepada Ipan Setiawan di lokasi. 

Saat meminum secangkir air dingin, saya berbincang dengan kang Seno dari Smartfren. Beliau berkata seraya menunjuk logo Relawan TIK Indonesia yang tersemat di seragam yang saya kenakan, "ini dia orang yang sangat militan". Beliau mengatakan bahwa Smartfren di Bandung juga bekerjasama dengan Relawan TIK Indonesia dalam melaksanakan literasi di sekolah-sekolah. 

Selepas minum saya turut pak Dikdik ke bawah untuk salat Magrib. Setelah itu saya bersama beliau pamit pulang kepada pihak Smartfren. Di bawah bertemu dengan Ipan dan kami juga menyampaikan pamit. Saya memberikan penjelasan sebab pamit adalah karena diminta oleh istri untuk makan bersama di rumah sebelum berangkat ke acara ini. Magrib itu akhirnya saya pun meluncur pulang menuju keluarga di rumah.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya