Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Kamis, 02 Januari 2020

Jangan Bodoh dan Takabur atas Nama Agama

Jangan bersikap bodoh dengan menyalahkan mereka yang menyalakan kembang api atas datangnya hujan yg menimbulkan banjir di banyak tempat.


Jangan bersikap takabur, merasa diri paling suci, menganggap mereka semua yang keluar mendatangi tempat hiburan penghujung tahun sebagai orang-orang yang sedang bermaksiat, sehingga merasa berhak mencegahnya dengan mengharap turunnya hujan dan bergembira dengan kedatangan air dari langit yang besar.


Terompet-terompet yang dibunyikan itu tidak dibuat untuk prosesi keagamaan; dan perayaan tahun baru dalam peradaban manusia sudah lama tidak selalu dihubungkan dengan prosesi keagamaan dan sudah tidak lagi dianggap milik umat Masehi. Mereka yg tdk beragama Masehi merayakan pergantian tahunnya dan bukan merayakan kelahiran yesusnya. Seyogyanya setiap orang alam fikirnya hadir dalam peradaban manusia kekinian dan tidak terjebak pada peradaban yang sudah lama berlalu.


Jaman sekarang, ustadz jadi-jadian banyak yg dipercaya. Saat ustadznya ustadz di Universitas al-Azhar Mesir mengucapkan selamat Natal, eh ini malah ikut ustadz gadungan yang menyalah-nyalahkan hingga mengkafirkan muslim yang mengucapkan selamat natal.

Pada tahun 1899, RA Kartini pernah berfikir, bahwa agama seharusnya mencegah dari perbuatan dosa, tapi kenyataannya banyak dosa dilakukan atas nama agama. Kenyataan demikian masih kita lihat hingga kini. Ada banyak orang yang bersikap bodoh dan takabur dengan mengatasnamakan agama.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya