Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Senin, 05 April 2021

Penipu Tidak Cerdas


Telp aneh siang ini tgl 5 April 2021. Ybs ngakunya kurir lagi ditilang polisi dlm perjalanan mengantarkan barang pesanan saya. Lalu ybs menyerahkan telp ke orang lain yg ngakunya dari Polres Garut. Kata orang yg ngaku2 Polisi, si kurir ditilang 800rb krn tdk bawa surat2 kendaraan, dan sdh bayar 100rb. Paketnya diperiksa takut ada transaksi narkoba. Sampai di sini saya curiga, ini penipuan, polanya minta trf kekurangan uang tilang 😅

Orang yg ngaku Polisi itu tanya, nama kurirnya siapa?. Saya jawab, "Mana tahu saya" 😄 Sejak kapan konsumen toko hrs kenalan sama kurir dari perusahan kurir? Transaksi konsumen iti dgn toko, dan gak ada urusan dgn masalah apapun yg dihadapi oleh kurirnya. Kalau barang gak nyampe, konsumen protesnya ke toko.

Terus saya disuruh menyampaikan apa yg disampaikannya ke orang yg ngaku2 kurir. Saya jawab agar si bapaknya saja yg sampaikan sendiri dan silahkan proses si kurirnya sesuai prosedur yg berlaku. Katanya dia tdk bisa bilang, si kurir lagi di ruang komandan. Tapi tdk lama kemudian si kurir telp dan tanya apa yg tadi saya dengarkan? Saya jawab, "polisinya tdk bisa ngomong langsung krn kamu lagi di ruang komandan. Tapi kok bisa ngasih telp ke kamu ya?" 😄 Saya pun tutup telp nya.

Beberapa saat kemudian, kurir aslinya datang mengantarkan barang. Saya cek no telp nya berbeda dgn orang yg ngaku2 kurir. Eh, si penipu telp lagi. Saya bilang, kurir aslinya sdh ada, dan no telp si penipu akan saya laporkan. Dia dgn santainya bilang, "ya gpp". Himpitan ekonomi rupanya membuat orang kufur nikmat, tdk memanfaatkan waktu yg ada utk meminta maaf.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya