Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Kamis, 10 Juni 2021

Membangun Ikatan Hati dengan Pengulangan


Teringat di masa lalu, saat masih menjabat sebagai direktur operasional PT Radio Yamusa Pratama, saya memastikan operator radio utk membuka siaran setiap hari dgn pemutaran surat Yasin dan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kekhasan tersebut sangat saya perhatikan mengingat KH Abdullah Margani Musaddad yg mengamanatkan kpd saya agar surat Yasin selalu menjadi awal aktivitas.

Di masa menjabat sebagai ketua prodi, saya membuat tata tertib kelas yg mengharuskan mahasiswa utk menyanyikan lagu wajib nasional setiap tgl 15, dan sebelum perkuliahan dimulai melaksanakan kuliah agama tujuh menit. Tata tertib demikian sengaja saya buat utk membentuk pribadi nasionalis yg religius.

Mengulang aktivitas yg sama merupakan cara pembiasaan yg dapat menjadi tradisi yg melekat pd insan yg melakukannya, khususnya setelah aktivitas tsb dianggap sebagai kekhasan atau kebutuhan. Apabila telah terbiasa, penghentiannya akan terasa seperti kehilangan sesuatu yg berharga.

Hal tsb seperti yg saya rasakan saat SMA dulu, di mana setiap istirahat yg kedua, saya bersama beberapa teman mengisi waktunya dgn menjalankan ibadah sunnah. Bila suatu hari tdk melakukannya, terasa seperti meninggalkan sesuatu yg wajib.

Kalau di dalam konteks agama, pengulangan ini seperti dzikir. Menjadi warid apabila dorongan pengulangannya datang dgn sendirinya. Hal ini seperti di masa kuliah dulu, di mana dzikir yg tdk putus itu bisa bersambung dari sebelum tidur hingga saat bangun kembali dgn sendirinya. Dan pengulangan ini menjadi teknik edukasi Nabi SAW, di mana beliau seringkali mengulang kata sebanyak tiga kali utk menanamkan ingatan.

#BiografiCahyana

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya