Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Senin, 19 September 2022

Nasihat Sumber dan Nasab Pengetahuan


Prof Dwi Hendratmo adalah guru besar yg telah memberi bekal dan material riset yg banyak dalam mata kuliah metodologi penelitian. Berkat beliau kami membaca puluhan artikel dalam topik riset yg diminati. Dengan bekal itu saya dapat melewati seminar penelitian dan ujian kualifikasi. 

Beliau adalah guru yg baik karena berkenan merespon pertanyaan melalui WA dan memberikan jawaban yg menenangkan kekhawatiran saya terkait kesenjangan pengetahuan. Namun sayangnya saat itu saya sudah mengontrak mata kuliah lain sebelum menerima jawaban tersebut, sehingga belum berkesempatan utk menghubungkan nasab pengetahuan kpd beliau.

Dalam ujian kualifikasi beliau mengingatkan saya utk memperhatikan sumber atau nasab pengetahuan yg mempengaruhi kualitas keilmuan dalam kecerdasan buatan. Beliau juga mengingatkan saya utk tdk melupakan bekal yg telah beliau berikan dalam mata kuliah Metodologi Penelitian di perjalanan studi yg sedang saya lalui. Saya mengucapkan terima kasih atas nasihat tersebut di akhir sesi ujian kualifikasi dan setelahnya melalui WA.

Setahun kemudian, pada semester ini saya berencana mewujudkan keinginan lama utk menautkan nasab keilmuan kepada beliau dgn mengontrak mata kuliah Pembelajaran Mesin Lanjutan. Tetapi datang kabar sedih tentang kondisi kesehatan beliau yg menyebabkan saya harus membatalkan kontrak mata kuliahnya. Saya ikut bersama ikatan alumni yg mendukung pemulihan kondisi beliau.

Namun takdir berkata lain, hari Senin ini, 19 September 2022, beliau dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Sebagai murid beliau saya bersedih ... dan bersaksi beliau sebagaimana al-Maghfurlah Prof Iping adalah guru yg sangat baik dan bermanfaat bagi murid-muridnya. Semoga husnul khatimah, dan Allah mengampuni serta merahmati beliau, amin. 

#BiografiCahyana

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya