Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Jumat, 07 Oktober 2022

Kesaksian dan Pensucian


Seseorang bertanya di dalam mimpi, apakah saya sudah dibaptis? Saya menjawab, bahwa "pembaptisan" bagi (dlm pemahaman saya selaku) seorang muslim terjadi di alam Azali ketika ruh bersaksi atas Ketuhanan Allah, sehingga ia terlahir dalam keadaan suci dan memiliki satu Tuhan.

Pertanyaannya cukup menarik, sebab seharian kemarin saya tdk berinteraksi dgn istilah tsb atau persoalan terkait. Biasanya mimpi saya itu mengulang apa yg saya lalui seharian hingga aktivitas terakhir sebelum tidur, setelah itu bangun. Selepas salat Subuh saya buka internet utk mengetahui istilah tsb, sehingga saya memahami kenapa jawabannya seperti itu. Tentu saja istilah tsb tdk dikenal dlm Islam, namun ada rutinitas muslim yg mirip dgn tujuan kesaksian dan pensucian yg berbeda. 

Aktivitas salat merupakan realisasi pengakuan atas Ketuhanan tsb di alam dunia ini, di mana seorang abid berdo'a atau bersujud hanya kepada Ma'bud nya dalam keadaan telah bersuci atau berwudhu. Sebelum salat seorang muslim berwudhu, membasuh anggota tubuh dari tangan hingga kaki. Menurut suatu riwayat, dosa seorang muslim terhapus saat berwudhu. Seorang muslim yg baik melakukan aktivitas tsb minimal lima kali dalam sehari.

Aktivitas tsb sangat bermanfaat bagi seorang muslim. Seorang bayi atau mualaf yg awalnya suci dari dosa suatu saat pasti akan melanggar larangan Tuhan atau melakukan dosa kembali, sehingga ia memerlukan penghapusan dosa atau pahala kebaikan yg dapat mengalahkan beban dosa. Ada banyak fasilitas selain wudhu dan salat yg disediakan Tuhan utk kebutuhan tsb. Dosa dan fasilitas tsb menjadi pengingat sepanjang hidup di dunia bahwa seorang abid akan selalu membutuhkan Ma'bud nya dlm segala kelemahan atau kekurangan dirinya.

#BiografiCahyana

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya