Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Rabu, 20 September 2023

Fase Memahami Bacaan

 


Di fase awal "membaca", saya cenderung utk mengoleksi karya tulis dan terpengaruh oleh tulisannya, mulai dari gaya berpikir hingga gaya menulis. Namun ada kesenjangan yg saya rasakan, yakni pemahaman yg seringkali berbeda dari maksud penulis krn masih berada dlm lingkup tekstualis, di mana teks dicocokan dgn konteks sendiri yang boleh jadi berbeda dengan konteks yg melatar belakangi teks nya. Kondisi tersebut dapat ditemukan dlm tulisan saya selama kuliah sarjana dulu. Di fase ini, pemahaman saya cenderung hitam putih, kaku, dan keras. Walau saya menentang pemahaman yang berbeda mengikuti naluri sikap bertahan dan mengabaikan manfaat pemahaman yg berbeda, saya tdk memaksa siapapun utk mengikuti atau membenarkan apa yg saya yakini. 

Dlm perkembangan berikutnya, saya mulai memahami arti reviewer saat mengkonsultasikan tulisan terkait akidah kpd ahlinya, yakni guru akidah. Saat beliau diam atau membenarkan, maka pemahaman saya dikokohkan. Namun saat orang lain menyangkal, saya menyadari bila pemahaman ini sedang ditantang atau dlm kondisi sedang diruntuhkan. Hal tsb merupakan kesempatan baik bagi semua orang yg terlibat dlm dialog utk memperoleh pemahaman yg lebih baik. Dan hal ini sejalan dgn ajaran guru filsafat yg mengatakan bahwa kebenaran itu sementara sampai ia diruntuhkan, dan kebenaran itu harus dapat diuji agar tdk menimbulkan kerancuan berpikir. Dgn kata lain, saya memerlukan objektifitas dlm memahami sesuatu, butuh orang lain yg menguji dan mengokohkan. 

Lebih dari pada itu, saya perlu selektif dlm memilih lawan dialog. Mereka yg tdk kredibel dan tdk berorientasi pada pengetahuan harus ditinggalkan. Mereka yg halnya sebaliknya harus dijadikan mitra dialog. Dan yg terpenting, pengetahuan atau pemahaman ini harus dapat dikoreksi menjadi lebih baik, sebagai bagian dari manajemen pengetahuan. Di sisi lain, kesadaran akan nisbinya pemahaman diri akan membawa pada sikap tawadhu, menjadi seperti padi yg semakin matang semakin menguning. Semakin tinggi status sosial atau pendidikan, semakin rendah hati dan bijaksana.

#BiografiCahyana

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya