Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Kamis, 29 Agustus 2019

Sisa Usia

Dlm mimpi sebelum subuh tadi, 29/8/2019, saya berada di hari Jum'at bersama rekan2 dosen yg biasa ikut serta dlm kegiatan pemberdayaan masyarakat, sedang berjalan di jalanan desa menuju masjid di salah satu kampung dgn niat hendak salat. Dlm perjalanan tsb salah seorang dosen menceritakan pengalaman masa kecilnya yg suka mandi di salah satu bagian sungai berair dingin yg dilewati dlm perjalanan tsb. Mimpi tsb menggambarkan kegiatan bersama yg menyenangkan.

Dlm perjalanan tsb saya menerima pesan singkat dari ketua STTG yg telah lama meninggal dunia. Pesan tsb mau saya pasang di medsos sebagai status dgn emoticon 🤔, mewakili keheranan saya ttg bagaimana pesan itu ada sementara beliau telah lama meninggal. Mungkin maknanya adalah pesan agar visi beliau terkait penerapan TIK agar terus disebarkan di alam dunia atau alam maya sekalipun beliau telah meninggal. Dan itulah yg saya lakukan selama ini. Alam dunia atau akhirat seringkali disebut kampung.

Dlm perjalanan tsb saya juga melihat wakil ketua STTG yg telah meninggal dunia sedang berjalan sendirian ke arah kampung yg terletak di sebelah kiri. Ada niat di dalam hati utk mengantar beliau ke sana, sebab beliau agak kurang dlm penglihatan. Tetapi saya tetap bergegas menuju masjid yg dituju bersama teman2 dosen lainnya. Mungkin maknanya, kampung yg dituju oleh beliau adalah alam akhirat, dan beliau berjalan dgn membawa kondisi terbaik hamba Allah yg memperhatikan hak2 Allah. Bila saya menemani beliau saat itu, isyarat telah dekat akhir hidup. 

Mimpi tsb mengingatkan diri utk terus beramal baik dlm rangka ibadah dgn tetap mengingat kampung akhirat, tempat yg akan dituju sendirian tanpa teman2 yg biasa menemani saat pemberdayaan masyarakat.

Alfatihah.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya