Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Senin, 17 Oktober 2016

Kue Ulang Tahun


Ada kejadian yang menyentuh dua hari setelah pembentukan Komunitas TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Garut, yakni saat mahasiswa saya dari KP (Kelompok Penggerak) TIK, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, dan Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer membuatkan kue ulang tahun dengan logo KPTIK di atasnya. Pada awalnya mereka khawatir karena saya tidak pernah merayakan ulang tahun, tetapi kemudian suasana menjadi cair setelah kita semua menikmati kue tersebut. Saat itu saya mengucapkan terima kasih, dan memberikan penghargaan kepada mereka yang telah bersusah payah membuat kue bernuansa KPTIK tersebut. Saya berharap kue tersebut merupakan tanda kesuksesan memberi manfaat kepada mereka di luar kegiatan perkuliahan. 

Mereka memang generasi pilihan yang hidup pada masa di mana perkumpulan TIK Sekolah Tinggi Teknologi Garut bergerak ke luar menghimpunkan perkumpulan TIK sekolah dalam satu wadah bernama KPTIK pelajar. Mereka yang pertama berinteraksi dengan relawan TIK internasional dari Korea Selatan, pengelola pertama Pesantren Teknologi Informasi tujuh hari, dan ikut dalam pembentukan Komunitas TIK Garut sebagai medium kerjasama Komunitas dan Relawan TIK se Garut.

Suasana seperti itu ternyata tidak hanya berlangsung di luar kelas. Saya juga diberi kejutan oleh mahasiswa Teknik Informatika kelas A di dalam kelas. Mereka tiba-tiba mengeluarkan kue ulang tahun dan menyalakan lilinnya. Saya berterima kasih atas perhatian mereka dan mengatakan sambil tersenyum jika kue ini tidak akan mempengaruhi nilai akhir matakuliah. Saya menganggapnya sebagai bentuk perhatian tidak hanya kepada saya sebagai dosennya tetapi juga kepada saya sebagai kakak tingkatnya, karena kebetulan saya adalah alumni Teknik Informatika STT Garut angkatan kedua. 

Kue ulang tahun ini memang habis tidak perlu waktu lama, tetapi kenangannya tersimpan dalam waktu yang lama. Bagi saya kejadian tersebut memberi tahu bahwa hubungan pendidik dan peserta didik sudah seharusnya cair agar tidak ada hambatan transfer pengetahuan. Seorang pendidik harus memberikan banyak manfaat kepada muridnya agar suatu saat nanti kita mendapatkan bonus kesenangan saat mendapat kabar kesuksesan mereka. Saya berpegang pada ajaran dalam agama ini, bahwa sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang banyak memberi manfaat kepada orang lain. Kebaikan itu akan berbalas kebaikan, tetapi kebaikan yang sesungguhnya itu adalah kebaikan yang abadi yg diterima dari amal saleh murid hingga tempat indah di akhirat sana.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya