Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Sabtu, 11 Juli 2020

Membantu Kemenkopukm RI Mengembangkan Kapasitas UMKM



Hari Sabtu, 11 Juli 2020 merupakan hari pertama Pelatihan Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Kementrian Koperasi dan UKM di mana saya terlibat di dalamnya sebagai pemateri. Malam hari sebelumnya, tanggal 9 Juli 2020, pak Yadi dari Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Garut menghubungi dan memberitahukan bahwa saya diminta untuk menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut. Sebagai dosen yang memiliki kewajiban pengabdian saya menerima permintaan bantuan dari pemerintah tersebut.   

Pada tanggal 10 Juli 2020, saya bertemu dengan tim pemateri akademisi lainnya, yakni ibu Urip dan pak Hendro dari STIE Yasa Anggana Garut. Pertemuan tersebut dilaksanakan untuk merumuskan lingkup materi yang akan disampaikan kepada peserta. Saat itu saya menyanggupi untuk membuatkan formulir online test bagi peserta. Peserta akan mengisi formulir tersebut sebelum dan setelah kegiatan. Data yang terkumpul digunakan untuk mengukur peningkatan pengetahuan peserta. 


Di hari pertama itu saya tidak mengikuti kegiatan pembukaannya sehubungan harus memberikan materi pembekalan kepada peserta KKN di kampus. Acara pembekalan tsb sudah lebih dulu diagendakan sebelum undangan dari Dinas diterima. 

Saya berusaha merampungkan formulir test pelatihan di sela-sela pembekalan. Selepas acara, saya bergegas menuju Hotel Harmoni, tempat di mana kegiatan Pelatihan dilaksanakan, bergabung dgn tim pemateri akademisi untuk memastikan kelancaran pre-test dan merekap hasilnya.


Pada hari itu pula anak bungsu saya ulang tahun. Istri mengingatkan melalui Whatsapp supaya saya tidak lupa dengan hari penting tersebut. Syukurlah sore hari pemateri akademisi bisa pulang. Saya bergegas pulang menuju rumah dan menemui istri yang tengah bersiap memberikan kejutan kue ulang tahun bagi anak bungsu.

Akhirnya seremoni ulang tahun pun dilaksanakan pada waktu sore menjelang Maghrib. Anak bungsu terlihat senang dengan kuenya karena bergambarkan Sonic, karakter kartun yang disukainya.


Beberapa bulan yang lalu anak saya menyampaikan keinginannya untuk menginap di hotel. Kebetulan panitia pelatihan memberikan fasilitas kamar hotel bagi pemateri untuk menginap. Malam itu saya ajak keluarga menginap di hotel. Anak bungsu nampak senang karena keinginannya terwujud di hari istimewanya. Ini memang sudah rejekinya dari Yang Maha Mengatur.

Kegiatan ini terasa melelahkan karena tiga sebab. Pertama, karena undangan tersebut sangat mendadak sehingga saya harus menyiapkan materi dengan waktu yang tidak banyak. Kedua, karena dalam waktu bersamaan saya harus menyiapkan buku saku dan slide pengantarnya untuk kegiatan In House Training yang diselenggarakan oleh SMKN 2 Garut. Ketiga, karena maag kronis saya belum sembuh. Kehadiran keluarga dan mamah yang melakukan pemanggilan video Whatsapp di kamar hotel pada hari pertama itu sangat menghibur. 

Di hari kedua, selepas menjadi fasilitator hingga pukul 9 malam, saya menginap sendiri. Saya meras lelahan saat memasukan data kuesioner manual dari peserta yang tidak membawa smartphone ke formulir test. Setelah selesai, hasilnya saya sampaikan kepada panitia. 


Akhirnya Pelatihan selesai di hari ketiga selepas Ashar. Acara tersebut ditutup oleh kepala Dinas. Tidak lupa kami berfoto sebagai bukti kegiatan. Agak risi juga karena harus foto berdekatan, sekalipun sudah mengenakan masker. Sepanjang kegiatan, kecuali saat menjadi pemateri, saya selalu mengenakan masker. Bagian yg akan disentuh oleh saya disemprot dgn sanitizer.

Di tengah perjalanan pulang, ibu Urip menghubungi dan mengajak saya untuk menemani pak Hendro mencicipi Soto di Simpang Lima. Sotonya gratis karena dibayari oleh ibu Urip. Makan bersama di akhir kegiatan pengabdian seperti ini merupakan kebiasaan saya besama kolega di kampus.

 
Tahun ini gaji 13 diundurkan pencairannya oleh pemerintah. Gaji tersebut sangat penting bagi ASN seperti saya untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak. Alhamdulillah, Allah mengaruniakan rejeki yang tidak disangka-sangka dari Pelatihan ini, sehingga kebutuhan sekolah anak bisa tercukupi.  

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya