Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Rabu, 08 Maret 2023

Hoax di Celah Kelemahan Manusia

Menurut sebagian pendapat, Adam tergelincir bukan karena lemah terhadap Hawa. Dengan kata lain, pria pertama kali tergelincir bukan karena wanita, sehingga tidak ada isu gender di dalamnya. Tetapi karena Adam tidak menganalisis Hoax, percaya begitu saja, hanya karena Iblis si pembuat Hoax adalah tokoh senior di surga yang terkemuka dan dekat dengan Allah. 

Rupanya hal tersebut merupakan celah kekurangan manusia, sehingga kita melihat terulangnya kesalahan seperti itu hingga saat ini. Ada banyak orang yang percaya dengan hoax hanya karena melihat ketokohan orang yang menyampaikannya. Bahkan ada orang yang mempercayai hoax hanya karena yang menyampaikannya adalah teman dekatnya, bukan karena temannya itu seorang tokoh. Lebih jauh lagi, ada banyak orang yang mudah diadu domba atau terprovokasi karena mengikuti hoax.

Pendapat lain mengatakan bahwa Adam mempercayai hoax karena terenyuh oleh tangisan iblis si pembohong, dan karena ada nama Allah yg dicatut dalam sumpah yg menutupi kebohongan. Hal itu merupakan celah kelemahan manusia sampai sekarang, sehingga banyak orang yg emosional menjadi percaya pada hoax begitu saja, terlebih ada sumpah yg menyebut nama Allah seraya mempertaruhkan keselamatan diri dan keluarganya demi hoax yg dipropagandakan.

 #LiterasiDigital

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya