Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Kamis, 30 Maret 2023

Manusia dan Kecerdasan Buatan

Di masa depan Manusia hanya perlu mengatakan, "Jadilah sesuatu dengan spesifikasi seperti ini", maka kecerdasan buatan atau AI akan membuatnya terjadi, dengan kompilator, mesin cetak 3D, dan lain sebagainya. Manusia memang citra Tuhan, dalam keterbatasan yg membuatnya tdk menyamai Tuhan yg menciptakannya. Hanya Tuhan yang mampu menciptakan sesuatu yg pertama tanpa material apapun dgn perintah Nya, "Jadilah!", maka terjadilah.

Kreativitas manusia bergeser dari yg awalnya mencakup bagian proses penciptaan sesuatu, menjadi hanya bagian input saja. Fokus tersebut membuat kualitas input menjadi lebih baik, dan secara tdk langsung berdampak pada output, namun tergantung sebaik apa kinerja AI yg memproses input menjadi output. Manusia fokus pada sesuatu yg bersifat immaterial, dan perbaikan kualitasnya; AI berinteraksi dgn material utk menghasilkan sesuatu yg dirasakan atau dipikirkan manusia. Hal demikian, sejalan dgn sifat penghuni surga yg cenderung pada kemudahan, mendapatkan apa yg diinginkannya dengan hanya meminta, dengan sebaik-baiknya permintaan kepada Tuhan.

 #PersepsiCahyana

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya