Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Rabu, 05 April 2023

Kerja Kolaborasi Membangun Literasi Digital Indonesia

Upaya memasukan cara berpikir komputasi / CT dalam kompetensi literasi digital telah dilakukan sejak Festival TIK di Cirebon. Saat itu saya memperkenalkannya kepada pak Bambang Tri Santoso - Pemberdayaan Komunitas TIK, dan yg terlihat sangat antusias adalah mba Yusnita. Saya pertama kali mengenal CT dari ibu Inggriani Liem melalui Bebras Indonesia nya, hikmah mengurus progress pendidikan salah satu dosen prodi saat itu. Pada akhirnya ada perhatian Kominfo terhadap CT. Hal tsb nampak dlm kehadiran rekan biro Bebras Indonesia di SEA-IGF Bali beberapa tahun lalu dan dlm TOT Pandu Digital Madya di Cikarang saat ini. Biro Bebras ITG yg jadi tim penyusun modul literasi digital sektor pendidikan di masa lalu telah menyisipkan materi CT. Kurang lebih ini semacam upaya mengawinkan relawan TIK atau Pandu Digital dgn biro bebras yg di ITG sdh terjadi, di mana personel biro adalah relawan TIK atau Pandu Digital, dan literasi digital yg disampaikan kpd masyarakat sudah mencakup CT. Ini merupakan perkawinan yg cocok, mengingat Bebras telah menggunakan istilah Siaga, Penggalang, Penegak yg dikenal dalam kepanduan di Indonesia dlm event tahunannya, dan Relawan TIK telah menjadi Pandu Digital. Dukungan Kemendikbud RI terhadap event tahunan Tantangan Bebras Indonesia terlihat dari surat edaran utk menggalang partisipasi siswa.

Di sisi lain, saya telah menghubungkan Bebras dgn Kemenag melalui Ditjen PAI, sehingga CT mulai diperhatikan oleh lembaga pendidikan di lingkungan Kemenag. Ada beberapa kampusnya yang menjadi biro Bebras. Beberapa waktu kemudian, saya memberikan nomor kontak Dirjen PAI kpd pak Boni Pudjianto - Direktorat Pemberdayaan Informatika agar program literasi digital Kemenkominfo dapat berjalan di lembaga pendidikan di lingkungan Kemenag. Dirjen PAI pernah menjabat sebagai ketua STT Garut. Pada akhirnya, Ditjen APTIKA Kemenkominfo dan Ditjen PAI bertemu dan membangun kerjasama program literasi digital. Hal tsb merupakan langkah penting bagi usaha membangun literasi digital Indonesia dgn menyatukan semua potensi terbaik bangsa ini. 

 #LiterasiDigital #BiografiCahyana

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya