Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Kamis, 03 Agustus 2023

Proses Mutasi

Supaya tdk lupa, saya tuliskan pengalaman proses mutasi Mobilio 2018. Pertama kali gesek bantuan no rangka dulu di SAMSAT Garut, melewati dua titik loket. Setelah itu berangkat ke SAMSAT Bandung, serahkan berkas-berkas ke foto copy, terima beres kelengkapan berkas dlm map. Kemudian masukan berkas ke ruang arsip SAMSAT Bandung.

Setelah itu melewati proses di Gedung BPKB, mulai dari pemeriksaan fisik (dua loket), hingga loket terakhir membayar 250rb. Menerima dua salinan STNK dgn catatan tgl ambil berkas dari petugasnya, biasanya satu bulan.

Datang kembali ke Gedung BPKB sesuai tgl yg ditentukan sebelumnya oleh petugas, kemudian memeriksa Fiskal di SAMSAT Bandung dan memperoleh dua lembar berkas. Nunggu Fiskal lumayan lama, hampir dua jam. Utk keperluan tsb, ada berkas yg harus difoto copy di SAMSAT Bandung.

Selanjutnya, melewati proses akhir di SAMSAT Garut. Dimulai dari memasukan berkas ke Mutasi, lalu gesek no rangka lagi melewati tiga titik loket, membayar uang pengurusan BPKB 625rb, membayar uang pajak 3,2jt, dan uang plat 20rb. Biaya mutasi kebetulan masih gratis selama bulan Agustus.

Total biaya keluar 4,445jt sudah termasuk biaya bensin PP 200 rb, makan 100rb, dan foto copy 50rb.

#CahyanaTrip

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya