Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Sabtu, 05 Agustus 2023

Tidak ada yang Kebetulan

Dalam suatu kesempatan bepergian sendiri di tol Cipali dan Cisumdawu, saya mendengar suara berisik di luar kabin. Dugaan saat itu adalah part yg copot dan mengenai ban. Suara tsb bukan berasal dari mesin, sebab tdk ada perubahan "cita rasa" mesin. Saya memutuskan utk tdk berhenti di bahu jalan tol, tetapi menundanya sekian kilometer agar bisa berhenti di area gerbang tol yg luas. Saya menepikan kendaraan dan menyalakan lampu hazard sesampainya di area tsb. Tdk lupa mesin dimatikan utk menghemat bahan bakar yg mulai menipis.

Setelah memeriksa keempat ban dgn seksama, nampak kondisi ban dan inner fender nya baik-baik saja. Ternyata part yg copot adalah engine cover bagian tengah, di mana suara yg muncul itu ditimbulkan oleh gesekan cover dgn jalan. Saya memerlukan kancing atau tali ripet utk menempelkan cover tengah ke cover samping. Ternyata tdk ada kancing pada body yg cocok.

Saya coba memeriksa loker dan menemukan dua baut besar dan screw driver / obeng. Namun agak susah hanya menggunakan baut itu, mengingat covernya lumayan berat walaupun terbuat dari plastik. Kemudian saya buka tempat penyimpanan dongkrak dan membuka tas perkakasnya. Namun, tdk ada yg dianggap sebagai solusi utk masalah tsb. Sekilas nampak ada tali ripet tergeletak di sana. Saya berharap itu bukan potongannya. Alhamdulillah, ripet nya belum digunakan. Sepertinya tali ripet itu berasal dari pekerjaan toko sebelumnya saat memasang sensor parkir.

Saya harus tiduran di atas jalan tol, di depan bumper depan utk memasang tali ripet ke engine cover karena ground clearance mobil yg rendah. Akhirnya cover tengah bisa ditalikan ke cover kanan. Dua baut yg ditemukan sebelumnya saya gunakan utk menempelkan cover lebih rekat lagi. Akhirnya masalah bunyi-bunyian itu selesai. Saya bersihkan tubuh dgn tisu basah yg dibeli sebelumnya dan melajukan kendaraan dgn lebih tenang.

Di sepanjang jalan saya merenung, rupanya Tuhan membiarkan teknisi melupakan tali ripet tersebut agar dapat digunakan sebagai solusi kunci utk masalah tersebut beberapa bulan kemudian. Saya percaya, tdk ada yg kebetulan, Tuhan mengurusi mahluk sesuai kehendak Nya. Lepas dari itu, kita perlu menyiapkan segala sesuatunya utk mengantisipasi masalah seperti itu, seperti menyediakan stok tali ripet dan lainnya yg berguna. Sebelumnya saya hanya menyediakan sekring saja utk menangani masalah kelistrikan, belum sampai terpikir masalah body seperti itu.

#CahyanaTrip

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya