Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Minggu, 05 November 2023

Semangka


Salah satu alasan penggunaan emoji semangka di medsos adalah untuk menyasati shadow ban di medsos yang membuat akun kita tidak akan ditemukan gara-gara mengirimkan konten yang dianggap melanggar aturan komunitas. Saat saya membuat gambar untuk artikel ini menggunakan Bing Image Creator dengan arahan "The watermelon character is carrying a banner against genocide against the background of the al-Aqsa mosque", platform tersebut menolaknya dengan alasan "This prompt has been blocked. Our system automatically flagged this prompt because it may conflict with our content policy. More policy violations may lead to automatic suspension of your access." Pemblokiran semacam itu biasanya difahami sebagai dukungan pada sisi berlawanan dan direaksi dgn pemboikotan. Sejumlah pengguna tetap menggunakan platform seperti itu karena berbagai alasan, mulai dari kemanfaatan platform, hingga yang aneh adalah menghubungkannya dengan algoritma yang berakar pada temuan ilmuan Islam.

Kita memang perlu memperhatikan efektivitas tindakan, sehingga boikot tdk selalu diperlukan. Toh selama ini boikot tdk memberikan dampak yang berarti bagi penjajah, dan malah dampak itu lebih banyak dirasakan oleh kalangan kita sendiri. Misalnya, ada pekerja yang kehilangan pekerjaan nya krn tempat kerjanya tutup atau mengalami penurunan penghasilan karena layanannya diboikot. Apakah setelah itu mereka yang berhenti bekerja dicarikan pekerjaan? Ternyata enggak, mungkin hanya dido'akan agar mendapat pekerjaan yg lebih baik. Apakah akhirnya memperoleh pekerjaan seperti do'a tsb? Mungkin saja tdk, krn mencari kerja itu tdk mudah, dan Tuhan menakdirkan nya demikian, kecuali kita memiliki alternatif tempat kerja yg lebih baik dan menampung mereka yang terdampak boikot.

Di sini kita harus mempertimbangkan perlu atau tdk nya boikot secara bijak, jgn memboikot apapun yg berhubungan dgn penjajah secara membabi buta. Tetap membela bangsa yg terjajah, tetapi juga tdk membiarkan kalangan sendiri kehilangan pekerjaan atau menurun nafkah keluarganya. Jangan seenaknya menyusahkan saudara sendiri hanya karena kita tidak akan merasakan kesusahan mereka. Tetap jaga perasaan pada saudara kita yang jauh di negeri terjajah saja, dan juga saudara sendiri di sini. 

Masih ada banyak alternatif cara perlawanan pada penjajah yg bisa dilakukan. Misalnya, menyediakan tempat kerja, sehingga saudara sebangsa tdk perlu bekerja di tempat lain; dan membuat komoditas yg lebih baik dan populer, sehingga pesaing akan berpikir dua kali utk buka usaha di sana. Nabi dulu tdk pernah memboikot pasar di Madinah yg terafiliasi kaum Quraisy, beliau membangun pasar dgn sistem anti ribawi yg berdaya saing, sehingga pasar nya lebih populer. Pedagang dan pembeli pindah ke pasar tsb tanpa perlu melarang siapapun ke pasar lainnya.

#PersepsiCahyana

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya