Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Minggu, 13 September 2020

Anda Berdiri di Sisi Khawarij?

Dlm pemahaman semantik saya, anak yg dimaksud dalam kutipan di atas bukanlah SEMUA anak hafiz yg good looking dan penguasaan bhs Arabnya bagus, tetapi HANYA anak dari kelompok MEREKA saja. Yg dimaksud mereka di sana adalah kelompok yg IDE2NYA MENAKUTKAN, seperti takfiri dls. Alasannya adalah krn anak itu bersedia dikirimkan utk melaksanakan misi kelompoknya, yakni membuka ruang pertemuan di masjid yg bisa dimasuki oleh kelompoknya sehingga ide2 tsb bisa disampaikan kpd jemaah masjid. 

Apakah ada hafiz yg menguasai bhs Arab tetapi memiliki ide2 yg menakutkan seperti itu? Ingat saja Ibnu Muljam. Dia adalah hafiz yg tentu saja menguasai bhs Arab, tetapi membunuh Sayidina Ali krn alasan yg menakutkan kita semua. Kelompok nya yg dinamai Khawarij ini senantiasa ada sampai sekarang. Wajar saja bila umat Islam, termasuk pemerintah kita mewaspadai infiltrasi kelompok ini ke dalam pemerintahan. Sangat heran bila ada dari kita yg melindungi kelompok berbahaya ini dan menyerang siapa saja yg berusaha menangkalnya. 

Pemahaman semantik terhadap isi pesan yg dikutip seperti yg saya tunjukan ini biasanya dihidari oleh mereka yg punya masalah psikologis, seperti rasa tdk suka kepada pemberi pesan. Alasannya krn tdk akan menemukan alasan utk mengarahkan "serangan" kpd pemberi pesan. Saya menuliskan ini bukan krn suka atau tdk suka kpd pemberi pesan, tetapi krn agama mengajarkan agar berlaku adil kpd seseorang walau tdk suka kpd dirinya sekalipun. 

Setelah ini mari saya bertanya, di manakah anda berdiri, di sisi Khawarij?

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya