Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Selasa, 22 September 2020

Mewujudkan Internet Sehat dengan Ilmu dan Ihsan

Suatu saat saya menyimak seorang wartawan yg menyampaikan keheranannya dgn akademisi yg pernah disaksikannya berpendapat dlm forum bahwa solusi internet sehat itu adalah ihsan. Menurut pendapatnya solusi yg tepat bukanlah ihsan, tetapi literasi digital dalam bentuk kegiatan penyadaran. 

Pendapatnya itu benar, seseorang tdk akan mengetahui nilai dan norma digital bila tdk sampai kepadanya ilmu melalui kegiatan penyadaran tsb. Tetapi nilai dan norma itu seringkali dilanggar saat menyendiri atau menggunakan akun anonim karena merasa tdk ada yg mengawasi. Hanya dengan iman dan ihsan seseorang tetap menyadari adanya pengawasan Allah sehingga memengang kuat nilai dan norma digital yg sejalan dgn ajaran Islam.

Segala perbuatan apabila diniatkan utk Allah akan menjadi ibadah. Oleh krn nya segala perbuatan di dunia maya yg diniatkan utk Allah adalah ibadah. Saat kita selalu menyadari pengawasan Allah di dunia manapun, termasuk di dunia maya, saat itu kita tengah berada dlm kondisi ihsan.

Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat Nya, jika engkau tidak melihat Nya maka Dia melihat engkau (Hadits Arbain an-Nawawi)

Enam tahun yg silam, tepatnya 22 September 2014, saya pernah menulis di Facebook demikian:

Internet sehat bagi muslim bersandar kepada tiga hal : 1) Iman sebagai dasar beramal internet sehat untuk keuntungan dunia dan akhirat, 2) Islam sebagai panduan berperilaku sehat di internet, dan 3) ihsan sebagai pelindung kuat dari amal yang merugikan diri dan orang lain baik di dunia ataupun di akhirat.

Pemahaman tersebut saya sampaikan dalam acara Buka Bersama Milad Smartfren Community Garut 2017

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya