Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Selasa, 16 Maret 2021

Musrenbang Infrastruktur

Ini kali pertama saya mengikuti Musrenbang. Situasinya sedang pandemi, sehingga jumlah pesertanya dibatasi. Dlm kesempatan baik tsb, saya duduk mewakili Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Di dlm forum saya mengapresiasi Pemkab Garut yg mengarahkan pembangunan infrastruktur utk membangkitkan ekonomi masyarakat di masa pandemi, terutama infrastruktur jalan langit / jaringan internet yg sangat diperlukan utk menggerakan ekonomi digital dgn konten digital. Tugas saya saat itu adalah menyampaikan peta jalan penelitian dan pengabdian kampus yg menunjang pembangunan dan pemanfaatan infrastruktur. 

Saya menyampaikan bahwa penciptaan akses TIK tdk hanya sebatas penyediaan koneksi internet utk pelayanan publik, tetapi hrs dibarengi dgn inisiatif pemerintah dlm menyediakan fasilitas yg dapat digunakan oleh masyarakat utk mengkonsumsi dan menyebarkan data, informasi, dan pengetahuan yg berdampak positif pd kesejahteraan. Jalan darat juga harus dibangun atau diperbaiki agar komoditas yg diperjualbelikan di pasar atau komunitas maya dapat dikirimkan kpd konsumennya, sehingga pintu kesejahteraan itu terbuka.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya