Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Selasa, 19 November 2019

Minecraft dan Lego


Minecraft dan Lego pada dasarnya merupakan permainan serupa, di mana anak dapat membangun apa yang difikirkannya dengan balok-balok yang tersedia. Tentunya program aplikasi Minecraft lebih murah dibandingkan Lego, di mana anak dapat mewujudkan dunia yang difikirkannya seluas-luasnya tanpa khawatir balok-baloknya habis. 

Saat anak berusaha memasang atau memainkan game GTA yg banyak dimainkan oleh anak lainnya, saya melarangnya dgn tegas. Game tsb tdk dirancang utk anak seusia mereka. Bila mereka memerlukan game, saya hanya mengizinkan sekian jam dalam seminggu utk memainkan Minecraft. Saya sangat mendukung mereka membeli dan memainkan Lego yg membangun kemampuan motoriknya.

Phys.org sebagaiman dikutip oleh Tirto menyatakan bahwa ketika seseorang bermain Minecraft atau video gim yang membutuhkan kreativitas, pemain secara psikologis dibimbing masuk ke “flow state” atau “the zone,” yakni kondisi di mana otak manusia sangat kondusif untuk belajar.

Saat sekolah di TK PTPN XIII Wangunreja dulu, saya mengagumi miniatur bangunan di atas meja yg dibuat dari susunan balok-balok kayu. Sesekali saya dengan teman berusaha membangunnya. Karena di rumah tidak ada mainan seperti itu, saya mengganti balok-baloknya dgn kaset-kaset milik orang tua. Dengan kaset itu saya membuat rumah. Saya juga menggunakan kartu domino untuk membuat rumahnya. Banyak case kaset yang belah karena sering dimainkan.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya