Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Senin, 11 April 2016

Membantu Vitual Musrenbang Jawa Barat


Pada tanggal 8 April 2016 saya menerima pesan singkat dari pak Dody BAPEDDA Garut, isinya permintaan bantuan untuk kegiatan senin. Setelah surat elektroniknya dibaca ternyata pemerintah provinsi akan menyelenggarakan Musrenbang Online kembali, dan saya bersama sekretaris saya Ridwan Setiawan diminta untuk memberikan bantuan teknis. 


Pada tahun 2015 saya diminta teh Rossa dari VMeet mewakili perusahaannya dalam kapasitas sebagai relawan TIK untuk membantu BAPPEDA kabupaten Garut menyiapkan perangkat Teleconference untuk Musrenbang Online perdana di Jawa Barat. Komunikasi saya dengan Vmeet pertama kali saat memanfaatkan perangkat Teleconference yang merupakan hadiah Komunitas TIK Award 2014 untuk Seminar Online yang digelar oleh Diskominfo provinsi Jawa Barat. Komunitas TIK Garut yang saya pimpin saat itu mendapat penghargaan sebagai Komunitas TIK terbaik se Jawa Barat dengan kategori Mandiri. Hal tersebut berkat kepercayaan bapak Basuki Eko, kepala bidang informatika Sekretaris Daerah kabupaten Garut, kepada Komunitas TIK Garut.

Saat itu saya melibatkan Ridwan Setiawan, staf administrasi program studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Kegiatan membantu BAPPEDA Garut sebenarnya bukan kali pertama saya lakukan. Sebelumnya saya pernah diminta pak Abdusy-Syakur Amin dan pak Agus Ismail untuk membantu memperbaiki program aplikasi sistem informasi dan mengkoordinasikan relawan TIK Sekolah Tinggi Teknologi Garut untuk mengisi data program aplikasi tersebut.  

Hari senin 11 April 2016 saya baru bisa datang ke BAPEDDA Garut sekitar jam 14.00, karena harus menemui bapak Basuki Eko yang saat ini menjabat sebagai Camat Garut Kota untuk mendiskusikan kegiatan relawan TIK di kecamatan Garut Kota. Persiapanpun dilakukan hingga malam. Saya dan Ridwan Setiawan merampungkan pekerjaan mulai dari pemasangan aplikasi, konfigurasi sound system, hingga projektor. Saat itu kami dibantu salah seorang staf BAPPEDA yang mahir menggunakan aplikasi grafis. Gabungan keahlian kami menghasilkan tampilan yang unik. Hanya kabupaten Garut yang tampilannya ada logo kabupaten animasi dan lain nya seperti TV. Tim di provinsi dan beberapa kabupaten mengapresiasi hal tersebut. 


Keesokan harinya tanggal 12 April 2016 kegiatan pun dilaksanakan. Saya melihat Ridwan Setiawan dan staf BAPPEDA tersebut bisa menangani perangkat Teleconference dengan baik. Tidak ada kendala saat itu, semua lancar. Virtual Musrenbang dan Seminar Online ini merupakan terobosan yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi. Terobosan ini menggambarkan kelayakan provinsi Jawa Barat sebagai Cyber Province terkemuka di Indonesia. Tidak salah jika Sekolah Tinggi Teknologi Garut memiliki piagam kerjasama dengan Gubernur Jawa Barat, sebagai bekal pencapaian visi program studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut 2015 - 2020.




0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya