Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Minggu, 25 Oktober 2020

Cara Pengguna Konsumtif Berdamai dengan Kalangan Produktif


Perbedaan pengguna internet konsumtif dgn produktif itu terlihat dari konten dan jumlahnya.  Pengguna konsumtif lebih banyak menyebarkan konten orang lain, dan jumlah konten buatannya sendiri sangat sedikit. Pengguna produktif lebih banyak menyebarkan konten buatannya sendiri dgn jumlah yg banyak ataupun sedikit, tergantung waktu produksinya. 

Tdk ada masalah bila pengguna memilih untuk tetap konsumtif, selama akses internetnya tdk menyusahkan orang lain. Namun pengguna konsumtif sebaiknya memeriksakan kesehatan jiwanya bila ketidakmampuannya utk produktif menyebabkannya merasa terganggu dengan keberadaan kalangan produktif yg produksi kontennya masif.

Solusi mudah bagi kalangan konsumtif utk terhindar dari masalah kejiwaan tersebut adalah membatasi interaksi dgn kalangan produktif yg menggangunya, sampai bisa merubah diri menjadi produktif. Setelah produktif, tangani rasa paling produktif yg mungkin ada. Bila tdk ingin menjadi produktif, maka tetap bersembunyilah dari kalangan produktif.

Hidup ini sebentar, isi waktu sebanyak mungkin dgn hal yg bermanfaat, semisal merubah fikiran menjadi konten. "Berfikir sesaat lebih baik dari pada qiyamullail" (al-Adzamah)

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya