Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Senin, 12 Oktober 2020

Berlatih Kemampuan Interaksi Sosial Maya di Medsos

Selama ini saya mengisi waktu dgn berinteraksi di medsos di antaranya adalah utk melatih kemampuan interaksi sosial virtual. Dari jaman wordpress dan di awal gabung di medsos saya terus berlatih agar memiliki kemampuan seperti yg Gus Nadir sampaikan. Tujuannya adalah bukan utk berdebat, apalagi debat kusir yg tdk jelas arah dan ujung pangkalnya, tetapi mempelajari bagaimana cara menjelaskan sesuatu kpd orang dgn beragam karakter. 

Oleh krn nya beberapa lawan bicara ada yg merasakan kalau saya berputar dlm pembicaraan yg sama, tdk bisa diajak keluar menuju topik yg lain. Saya memang tdk ingin debat kusir, sehingga berusaha utk tdk keluar dari putarannya. Dan saya akan menghentikan putaran nya bila lawan bicara faham apa yg saya maksudkan, atau saya memahami maksud lawan bicara.

Lepas dari itu semua, tdk ada gading yg retak. Sering kali saya menggunakan jurus taichi yg membalikan pernyataan seseorang kpd dirinya, sehingga mungkin saya mengulang pernyataannya yg tdk ada adabnya. Saya melakukanya agar lawan bicara merasakan perasaan orang lain, agar di kemudian hari ia menjaga perkataannya dgn memperlakukan orang lain sebagaimana ia ingin diperlakukan. Tetapi memang tdk sedikit orang yg ingin diperlukan tanpa adab, sebab ia cenderung kepadanya.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya