Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Minggu, 31 Januari 2021

Saya dan Tipitaka

Buddhisme memiliki daya tarik sendiri bagi para pencari jalan ketenangan. Hal tsb pernah saya alami sewaktu muda. Keinginan mengenal ajaran sang Budha mendorong saya utk menemukan sumber pustakanya, hingga bertemulah dgn buku Tipitaka Tematik. Saya tdk termasuk kalangan yg mempelajari ajaran tsb dari ahlinya secara mendalam, hanya sekedar ingin tahu saja. 

Saya baru mengetahui kalau filosofi pengetahuan yg diilustrasikan dgn sejumlah orang buta yg mengidentifikasi Gajah berasal dari sana. Ada sejumlah ajaran yg sejalan dan bisa difahami dgn ajaran Islam. Walau demikian, membacanya harus memiliki bekal pemahaman akidah agar pemahaman akidah kita tdk sinkretis. Sementara itu pengajaran budi pekertinya relatif universal.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya