Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Minggu, 06 Desember 2020

Atap Kompetensi


Thn 2019 silam, saya merancang struktur kurikulum dgn filosofi seperti bangunan. Ada pondasi, tiang, pondasi atap, dan atap. Paket Konsentrasi 21 SKS berisi mata kuliah di luar bidang prodi (informatika) dlm lingkup Komputasi utk mengakomodasi minat mahasiswa dan kompetensi dosen, serta mengikuti perkembangan kekinian berdasarkan masukan alumni dan pengguna lulusan. Ada lebih dari satu paket konsentrasi yg bisa dipilih oleh mahasiswa. 

Sekarang ini, pemerintah mendorong Perguruan Tinggi utk dapat memenuhi hak mahasiswa menggunakan 20 SKS kegiatan di luar prodinya (40 SKS bila di luar perguruan tinggi) dlm beragam kegiatan KMMB (Kampus Merdeka - Merdeka Belajar). Bila tdk ada syarat harus belajar di prodi lain, sebenarnya paket Konsentrasi di luar bidang prodi ini sdh memenuhi syarat utk disebut KMMB, karena mahasiswa berkesempatan utk menghabiskan 21 SKS mengikuti pembelajaran mata kuliah dalam bidang yg diminatinya di luar bidang prodi. 

Pengguna struktur kurikulum juga dapat menambahkan paket konsentrasi KMMB 21 SKS, misalnya paket Proyek Kemanusiaan, Kewirausahaan, Proyek di Desa, dan lain sebagainya. 8 Paket Konsentrasi / KMMB ini dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai minatnya. Paket ini menempati struktur atap utk membuat bangunan kompetensi dlm diri peserta didik berfungsi penuh, seperti bangunan yg telah diberi atap.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya