Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Selasa, 01 Desember 2020

Jihadnya Generasi Muslim al-Muhajirin

Teringat di masa remaja dulu, saat mengikuti kegiatan GMA (Generasi Muslim al-Muhajirin). Yel-yel populer utk menyemangati anggotanya saat berkegiatan adalah salam jihad, yg dijawab dgn takbir. Misalnya, saat akan melakukan rihlah (penjelajahan) utk mentafakuri alam ciptaan Allah, instruktur menyemangati anggota dgn salam tsb. 

Cara penggunaan salam jihad meniru salam Pramuka. Hal demikian dipengaruhi oleh keberadaan beberapa pengurus atau anggotanya yg merupakan aktivis Pramuka. Ada beberapa kegiatan GMA selain rihlah yg dipengaruhi oleh pengalaman berkegiatan di Pramuka, seperti misalnya Islamic Camp. Pengaruh lainnya dlm kegiatan GMA adalah teater. Ada beberapa pengurus dan anggotanya yg merupakan pegiat teater. GMA menggunakan pertunjukan teater utk menyampaikan pesannya kpd masyarakat.

Makna jihad yg dimaksud dlm salam tersebut adalah usaha bersungguh-sungguh dlm menuntaskan kegiatan. Dlm seluruh kegiatannya, GMA tdk pernah menyajikan materi, atau melakukan pelatihan dan praktik berkaitan dgn makna jihad lainnya yg mengangkat senjata utk melawan siapapun, sehingga masyarakat tdk khawatir dgn salam jihad tersebut. 

Selain salam jihad, istilah lainnya yg pernah digunakan, tetapi kurang populer adalah satuan jihad, mengikuti istilah satuan pengamanan. Istilah tsb dibuat oleh saya yg saat itu menjadi seksi keamanan pd Islamic Camp di desa Pasirkareumbi. Fungsinya sama dgn satuan pengamanan, didefinisikan dan diterapkan hanya saat kegiatan tsb saja. Istilah tsb dan logonya tdk digunakan oleh seksi keamanan di kegiatan selanjutnya, krn tdk tertuang dlm juklak atau juknis organisasi.

#BiografiCahyana

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya