Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Jumat, 21 Mei 2021

Palestina di Masa Muda

Saya perhatikan wilayah Palestina ini terus menyusut, walau setiap tahunnya ada banyak demo yg digelar, nyawa melayang, dan penggalangan dana. Nampaknya sampai saat ini blm ada cara yg efektif utk kebebasan Palestina, terutama setelah Fatah dan HAMAS tdk akur. Itulah sebabnya saya sudah tdk lagi bersemangat melakukan cara-cara yg tdk efektif sejak beberapa tahun yg silam, sekalipun banyak teman terlihat bersemangat dan nyinyir seperti orang yg baru melakukan cara tsb.

Tentang HAMAS ini saya punya pengalaman sendiri. Jauh sebelum ditetapkan sebagai organisasi teroris, HAMAS adalah kelompok pejuang yg terkenal di kalangan pegiat Islam. Orang yg baru tahu sedikit masalah Palestina dgn mudahnya menjadikan HAMAS sebagai idolanya. 

Saya termasuk orang demikian sewaktu kuliah dulu. Itulah sebab knp saya tertarik dgn bordelan simbol HAMAS yg terpasang di etalase toko masjid terminal Ledeng. Saat itu saya ingin mengkoleksinya. Namun begitu saya tanyakan kpd penjaga tokonya, tiba2 saja bordelannya lenyap. Dia tdk menjawab, sehingga saya tdk bisa menyimpulkan apakah bordelannya sdh terjual atau bagaimana?. Saya hanya melihat roman ketakutan, sehingga saat itu saya menduga dia menyembunyikannya. 

Di masa-masa itu saya memang buta politik. Pokoknya asal berbau Islam, apapun latar belakangnya, pasti saya dukung. Di kemudian hari, setelah pengetahuan bertambah dan lingkungan berubah, saya mulai menyadari bahwa dukungan itu harus memperhatikan latar belakang. Saya harus selektif dalam mendukung siapapun yg membawa isu agama.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya