Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Jumat, 14 April 2023

Semangat Muhajirin

Garut, 23 Ramadhan 1444. Mas Yudho menulis di komunitas maya FB tgl 5 Oktober 2013:

GMA generasi Islam yang memiliki semangat muhajirin. GMA berkarya nyata dimanapun laksana cahaya. GMA dapat metamorpase dalam bentuk apapun. Semoga Selalu Dalam Ridlo-Allah, Ikhwah Fillah semua.

Semangat melakukan sesuatu muncul krn adanya niat utk memperoleh keuntungan duniawi atau ukhrowi. Dua niat terdebut tergambar dalam hadits Nabi SAW. Dari sahabat Umar bin Khattab ra berkata : “Aku mendengar Rasulullah Saw Bersabda, ‘Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya dan sesungguhnya setiap orang itu akan mendapatkan apa yang diniatkan. Barang siapa hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barangsiapa yang hijrahnya Karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya maka hijrahnya sesuai kemana dia hijrah.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Muhajirin adalah julukan kelompok di masa Nabi utk kaum muslimin yg hijrah dari Mekah ke Madinah. Semangat Muhajirin yg utama menurut hadist tersebut adalah berhijrah kpd Allah dan Rasul Nya. Semangat ini yg masuk akal bagi siapa saja yg mengharapkan selalu dalam ridho Allah. Berdasarkan pemahaman tsb, siapapun yg menjadi bagian GMA harus memiliki semangat tersebut. Bergabung dgn GMA atau berkarya nyata di mana saja bukan krn menginginkan keduniaan, seperti wanita yg ingin dinikahi. 

Karya nyata selaksana cahaya bila kita tercerahkan, mendapatkan petunjuk, sehingga lebih cenderung pada tujuan berharap keridhaan Allah dari pada berharap keduniaan. Karya nyata itu tdk harus dgn membawa simbol GMA krn semangat Muhajirin tdk hanya bisa dibawa di GMA saja, tetapi dimana saja. Setiap kegiatan non GMA yg dilaksanakan oleh insan GMA dgn semangat Muhajirin ini merupakan wujud metamorfosa GMA. Keberadaan insan GMA dalam kegiatan apapun teridentifikasi dari niat Mardhatillah yg disyiarkannya, niat yg muncul dalam semangat Muhajirin. Dengan demikian, GMA dapat hadir di mana saja, mensyiarkan mardhatillah, laksana cahaya bagi siapa saja yg pada awalnya cenderung pada keduniaan. 

#PersepsiCahyana

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya