Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Jumat, 13 November 2020

Bagaimana Kita Merespon Konten Facebook?

Facebook memiliki algoritma yg memungkinkan penggunanya utk dikunjungi oleh konten yg sedang ramai dibicarakan dan dipicu oleh kejadian apapun di dunia nyata. Ada banyak variasi respon pengguna facebook thd konten, tergantung minatnya. 

Ada yg meresponnya dgn cara berandalan online yg cenderung berbagi permusuhan dari pada berbagi informasi atau gagasan. Ciri khasnya emosi meledak2; mengabaikan fakta, atau informasi dan gagasan berbeda; seringkali mendasarkan kesimpulan kpd prasangka dan hoax; dan terkadang bersikap tdk etis. Bagi kalangan ini yg penting bisa teriak utk melampiaskan emosinya sekalipun teriakan nya kosong krn tdk berdasar.

Ada pula yg meresponnya dgn cara intelek yg cenderung berbagi informasi atau gagasan utk mengkoreksi atau melengkapi informasi atau gagasan lainnya. Ciri khasnya, semua tindakannya berbasis fakta, bersandar pada data atau informasi yg dapat ditelusuri. Bagi kalangan ini yg penting bisa menjelaskan informasi dan gagasan yg dibaginya utk memahamkan orang lain agar ia mendapat kontribusi yg relevan dari orang lain.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya