Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

Sabtu, 14 November 2020

Lelaki Berkerudung Hitam

Lagi rame konten dan pemberitaan di medsos ttg seseorang yg menyebut habib memakai jilbab. Jadi teringat semasa sekolah dulu sering menggunakan kain hitam yg dikerudungkan menutup peci. Saya melakukannya setelah melihat cover sampul kaset nasyid punya kakak yg menampilkan seorang pria berkerudung dgn judul Munajat. Saya suka dgn suasananya yg dapat merendahkan hati. Terbatasnya penglihatan oleh kerudung tsb membuat saya lebih fokus pada dzikrullah. Mungkin perasaan tsb subjektif, tdk semua orang memiliki perasaan yg sama saat mengenakannya. 

Dlm perjalanan pemikiran, saya membayangkan kerudung itu memiliki pemberat di kiri dan kanannya sehingga menarik wajah semakin tunduk. Ingatan kpd Allah menyebabkan gurat wajah ini tergantikan dgn lafadz Allah. Hal tsb mengingatkan diri bahwa setiap orang dapat melihat Allah melalui sosok yg tawadhu dan selalu ingat kpd Allah. Sosok yg wajahnya telah sirna oleh wajah Nya. Kira2 pemikiran itulah yg membuat saya lama menggunakan kerudung hitam.

Di pesantren kilat Generasi Muslim al-Muhajirin ada peserta yg mempertanyakan knp saya mengenakan kerudung seperti perempuan. Padahal berkerudungnya tdk seperti perempuan, hanya sekedar meletakannya di atas peci dan membiarkan bagian kanan dan kiri di bawah wajahnya tdk bersatu seperti perempuan. Tetapi kain hitam itu memang milik kakak perempuan. Saya tdk terganggu dgn perkataan tsb, krn saya menikmatinya. 

Di acara perkemahan Pramuka, waktu bersalam2an, ada peserta yg mengira saya waria krn mengenakan kerudung tsb. Hal tsb membuat saya berfikir panjang. Tetapi kerudung hitam itu tetap dikenakan krn saya menikmatinya, bukan krn merasa diri seperti wanita seperti yg difikirkan adik Pramuka tsb. Kebiasaan tsb masih dilakukan hingga mahasiswa.

0 comments :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya